Dark/Light Mode

Tertinggi Se-Indonesia, PDIP Boyolali Raih 35 Kursi DPRD

Rabu, 8 Mei 2019 19:55 WIB
Tertinggi Se-Indonesia, PDIP Boyolali Raih 35 Kursi DPRD

RM.id  Rakyat Merdeka - Perolehan suara PDIP yang memperoleh 35 kursi dari 45 kursi di DPRD Boyolali atau sebanyak 77 persen dan diklaim menjadi perolehan dengan presentase tertinggi di parlemen tingkat II Se-Indonesia.

Berdasar hasil Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten oleh KPU Boyolali yang rampung Senin (6/5) dini hari, PDIP Boyolali meraih 35 kursi dari perolehan suara sebanyak 467.322 suara.

 Artinya meningkat 10 kursi dari Pemilu sebelumnya, dimana PDIP Boyolali menguasai 25 kursi.  Sementara sisa 10 kursi direbut Golkar 4 kursi, PKS 3 kursi, PKB 2 kursi, dan Gerindra 1 kursi.

Baca juga : PDIP Klaim Peroleh 6 Kursi DPRD Sulut

Pada periode saat ini komposisi DPRD yakni PDIP 25 kursi, Golkar 6 kursi, Gerindra dan PKS masing-masing 4 kursi, PAN  3 kursi, dan PKB 2 kursi, dan Demokrat 1 kursi.

Disampaikan Ketua DPC PDIP Boyolali, Paryanto, Selasa (7/5), “Secara persentase, perolehan kursi yang diperoleh tertinggi Se-Indonesia."

Lebih lanjut Paryanto mengatakan dari 25 anggota fraksi PDIP dalam periode saat ini, ada 5 anggota yang tak maju pemilihan dan 4 anggota yang tak terpilih kembali, sehingga separuh lebih yang akan mengisi kursi adalah muka baru. 

Baca juga : Nasdem Klaim Sabet 5 Kursi DPRD Bandung

Dengan komposisi kursi tersebut, Paryanto yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Boyolali memprediksi, dengan syarat 4 kursi untuk fraksi, maka hanya PDIP dan Golkar saja yang bisa membentuk fraksi mandiri.

Sementara itu 3 partai lain, yakni PKS, PKB, dan Gerindra, harus membuat fraksi gabungan untuk memenuhi jumlah syarat minimal. “Komposisi fraksi nanti kemungkinan bisa dua atau tiga fraksi saja."

Meski memegang dominasi penuh di parlemen, Paryanto menegaskan, sikap dan kebijakan fraksi PDIP secara kelembagaan akan tetap mengedepankan kepentingan masyarakat umum. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.