Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Demi Indonesia, Ayo Kita Rajut Persatuan dan Kesatuan

Kamis, 25 April 2019 11:50 WIB
Demi Indonesia, Ayo Kita Rajut Persatuan dan Kesatuan

RM.id  Rakyat Merdeka - Proses perhitungan suara pilpres masih berlangsung. Tapi, dua pasang capres semakin gencar mendeklarasikan diri sebagai pemenang pemilu. Jika dibiarkan terus menerus, akan semakin membuat situasi memanas. 

Untuk meredakan situasi, warganet ramai-ramai mengunggah meme yang membuat adem. Seperti yang dipublikasikan akun Kurakuraninja_id di instagram. 

Ia memunculkan gambar Jokowi dan Prabowo Subianto sedang bersalaman. Sedangkan, tangan kirinya mengepal diangkat ke atas. Tanda komando atau siap. 

Di atasnya ada tulisan Indonesia Bersatu dengan warna merah dan putih. Di bawah juga terdapat tulisan yang intinya mengajak seluruh rakyat Indonesia menjaga persatuan demi Indonesia. 

Baca juga : Pamer Senyuman Indonesia Lewat Jepretan Kamera

“Siapapun presidennya, kita tetap bersatu. Ayo dukung gerakan Indonesia bersatu. Tularkan semangat indonesia bersatu.” 

Lalu, Kurakuraninja_id juga menukilkan caption di meme tersebut. “Persatuan tetap yang utama,” tulis dia. 

Ajakan untuk rekonsiliasi dan persatuan antara kubu Jokowi dengan Prabowo sangat didukung warganet. Jurnal Muria @SoearaMoeria mengatakan, pemilu merupakan proses demokrasi yang tidak boleh membuat Indonesia terpecah. “Pasca Pemilu, rajut kembali persatuan dan kesatuan,” ajaknya. 

Pendapat yang sama diutarakan CR-X Kekar @crx_kekar. “Yok setelah pemilu ini kita bersatu lagi.. Nomor 3, persatuan Indonesia,” kata Dimas Hermawan @hermawandimass. 

Baca juga : Borneo FC Hantam Persib Bandung 2-1

Kismawati @kismawati_85 berharap, semoga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga, jangan sampai putus silaturahmi karena beda pendapat setelah Pemilu. “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Bersatu Indonesiaku.” 

Harapan adanya persatuan diungkapkan juga oleh Muhammad Fajrul Falah Afandi @FajrulAfandi. “Waktunya kita merajut kembali bhinneka tunggal ika, persatuan bangsa kita yang ditunggu. Jangan sampai kita hancur lebur setelah pemilu.” 

Niken Sabila @NikenSabila_ Ajakan menambahkan, rekonsiliasi Jokowi untuk Prabowo untuk memastikan tak ada perseteruan di tingkat elite. Supaya masyarakat juga melihat bahwa dua calon pemimpin saling rukun. 

Hal berbeda diungkapkan, Becik Rupoku @becikrupoku02. Dia menolak ajakan rekonsiliasi yang diajukan kubu 01. “Rekonsiliasi tai kucing.. Udah main curang kok ngajak rekonsiliasi.. Anehh banget,” ujar dia, kesal. 

Baca juga : Sabar Iya, Party Iya

Roby @RobyHusin2 ikut menimpali. Menurutnya, tak usah rekonsiliasi sebelum ada keputusan resmi. “Betul, tolak ajakan rekonsiliasi dari 01, pastikan Prabowo Sandi menang secara sah, setelah itu baru kita yang ajak mereka untuk rekonsiliasi. Kita tidak anti rekonsiliasi, kita hanya butuh waktu yang tepat, kapan waktu yang tepat, setelah Prabowo Sandi dilantik.” [ REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.