Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keputusan Resmi Rakernas, PAN Gabung Koalisi Pemerintah

Rabu, 1 September 2021 08:21 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno. (Foto: Ist)
Sekjen PAN Eddy Soeparno. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) resmi memutuskan satu gerbong dengan koalisi partai politik pendukung pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hal tersebut diputusan pada rapat kerja nasional (Rakernas) kedua yang dilakukan pada Selasa (31/8).

Sekjen PAN Eddy Soeparno mengungkapkan, dalam Rakernas kedua ini, diputuskan beberapa kebijakan partai. Pertama, sejumlah peraturan partai direvisi. Ini agar dapat menguatkan PAN beserta jaringannya untuk mempersiapkan diri dalam kerja pemenangan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga : Jatim Cetak Kasus Harian Dan Kematian Tertinggi, Jabar Sumbang Kasus Sembuh Terbanyak

"Kedua diputuskan pula pembentukan Badan Saksi Nasional sebagai kerja-kerja partai untuk pemenangan Pemilu 2024," ujar Eddy dalam keterangannya kepada RM.id, Rabu (1/9).

Ketiga, seluruh dewan perwakilan wilayah (DPW) PAN telah menyetujui agar partai yang didirikan sejumlah tokoh reformasi ini masuk ke dalam koalisi pemerintahan.

Baca juga : Menaker Minta ASEAN Lindungi Pekerja Kaum Hawa

"Kita juga mendengarkan pandangan dari ketua-ketua DPW. Secara bulat semuanya memberi dukungan untuk bergabung dengan koalisi pemerintahan," tutur Eddy.

Keempat, Rakernas memberikan kewenangan penuh kepada ketua umum untuk memutuskan langkah strategis dalam penentuan pasangan calon Capres-Cawapres pada Pemilu 2024.

Baca juga : Moeldoko: Bangga, Produsen Alkes Dalam Negeri Bantu Pemerintah

"Seluruh ketua DPW memberi mandat ketua umum, untuk melakukan penguatan dan percepatan pemenangan Pemilu dan Pilpres 2024. Termasuk penentuan pasangan calon Capres-Cawapres di Pemilu 2024," tandasnya.

Untuk diketahui, PAN menggelar acara rakernas untuk kali kedua. Rakernas tersebut digelar usai Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Sekjen PAN Eddy Soeparno menghadiri pertemuan koalisi pemerintahan di Istana Presiden beberapa hari lalu. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.