Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP Kunjungi PT Taishan Alkes Indonesia

Moeldoko: Bangga, Produsen Alkes Dalam Negeri Bantu Pemerintah

Sabtu, 28 Agustus 2021 13:32 WIB
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (tengah) didampingi Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia Cahyadi Burhan (kanan) dan Dirut PT Taishan Alkes Indonesia Eiko Sihombing (kiri) saat peninjauan produksi alat swab Antigen, Jumat (27/8). (Foto: Ist).
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko (tengah) didampingi Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia Cahyadi Burhan (kanan) dan Dirut PT Taishan Alkes Indonesia Eiko Sihombing (kiri) saat peninjauan produksi alat swab Antigen, Jumat (27/8). (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke pabrik alat kesehatan (alkes) swab Antigen milik PT Taishan Alkes Indonesia.

Moeldoko mengaku bangga terhadap produsen alkes dalam negeri itu. Selain mampu bersaing dengan produk impor, perusahaan dalam negeri ini juga membantu pemerintah dalam hal memperluas lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja di Indonesia.

"Saya bersyukur bisa melihat secara langsung kegiatan produksi PT Taishan. Melihatnya saja saya bangga, ternyata ada PT Taishan yang sedang produksi swab Antigen dengan harga yang sangat bersaing serta bisa menimbulkan multiple effect dari pabrik ini," kata Moeldoko dalam sambutannya saat melakukan peninjauan ke kawasan produksi alat Swab Antigen Covid-19 milik PT Taishan Alkes Indonesia, Jumat (27/8).

Saat melakukan kunjungan ke PT Taishan Alkes Indonesia, Moeldoko didampingi Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing serta Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan. Moeldoko mengatakan, tenaga kerja yang bekerja di  PT Taishan Alkes Indonesia saat ini tentu memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam mengurangi jumlah pengangguran. 

Baca juga : Bamsoet Dukung Produsen Masker Dalam Negeri

"Dari 800 karyawan yang dimiliki PT Taishan, tentu akan lebih bermanfaat dan membantu pemerintah. Sebab kami punya perhatian masalah lapangan pekerjaan dan ini akan saya sampaikan kepada presiden," tegasnya.

Dari sisi harga, Moeldoko juga mengakui alat swab antigen PT Taishan Alkes Indonesia memiliki harga yang lebih murah. "Selain harganya mampu bersaing, PT Taishan Alkes Indonesia juga membuka lapangan pekerjaan, tentu ini membantu pemerintah," ujarnya.

Kepada PT Taishan Alkes Indonesia, Moeldoko berharap produsen alat swab Antigen Covid-19 ini untuk terus optimistis dalam membantu pemerintah menangani masalah Covid-19.

"Kita harus optimistis dan saya akan jadi jembatan ke pemerintah agar terjadi keberlanjutan yang pasti bersama PT Taishan dan mestinya pemerintah memiliki bagian dalam menghidupi produsen alat swab Antigen dalam negeri," ujarnya.

Baca juga : Alkes Masih Impor, Bamsoet Miris

Di tempat yang sama, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia Eiko Sihombing mengatakan, PT Taishan Alkes Indonesia adalah produsen dalam negeri yang bergiat membantu pemerintah Indonesia dalam menangani Covid-19 sejak bulan Juli tahun 2020. Kini, lanjut Eiko, PT Taishan Alkes Indonesia telah menjadi produsen dalam negeri untuk produk antigen dan antibodi yang sudah membuka lapangan pekerjaan hingga 1.200 orang.

"Bahkan kami sanggup memproduksi hingga mencapai 1.200.000 pcs per hari. Saat ini kami sudah berkolaborasi dengan produsen lokal seperti produsen Swab-stick, Absorbant (Silica Gel), kaset, Foil dan Boxing Local," tuturnya.

Selain itu, Eiko menyebutkan, berkembangnya PT Taishan Alkes Indonesia telah juga telah memberi pengharapan dalam menghidupkan kembali pabrik-pabrik yang hampir tutup oleh karena pandemi Covid-19 dan kolaborasi yang tercipta diantara produsen lokal.

"Kami telah membuka dengan lebar lapangan pekerjaan hingga mencapai 6.000 tenaga kerja secara menyeluruh dengan produsen lokal lainnya yang bergandengan tangan dengan kami. Bahkan ekspansi pabrik kami telah menambahkan tenaga kerja hingga mendekati 1.200 orang agar daya produksi dapat ditingkatkan sampai 1.200.000 pieces per hari. Artinya kami akan terus berusaha agar dapat menyanggupi kebutuhan dalam negeri dan bahkan ekspor ke luar negeri," jelasnya.

Baca juga : Bamsoet: Saatnya Prioritaskan Produk Alkes Dalam Negeri

Eiko juga menuturkan, Kementerian Kesehatan telah memberikan dukungannya melalui pemberian Izin Edar Alat Kesehatan Dalam Negeri (AKD). Begitu juga dengan Kementerian Perindustrian yang juga ikut memberikan penilaian yang sangat baik kepada PT Taishan Alkes Indonesia. Sehingga produsen alkes dalam negeri itu menerima sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 48 persen, ISO 9001, ISO 13485 dan CE.

"Kami menyimpan sebuah harapan besar bahwa melalui kunjungan Pak Moeldoko kami mendapatkan perhatian untuk menjadi partner bagi pemerintah pusat, bahkan sampai tingkat daerah dalam penanggulangan Covid-19. Selain itu, juga dapat membuka mata serta perhatian kita akan adanya produsen lokal yang ikut berperan serta secara proporsional mendukung program Presiden Jokowi untuk membeli produk lokal, terlebih lagi dalam penanganan Covid-19," pungkasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.