Dark/Light Mode

Rencana Pertemuan Dua Cawapres

TKN: Idealnya Inisiatif Dari Yang Kalah

Minggu, 12 Mei 2019 07:39 WIB
Cawapres 02 dan Cawapres 01 Sandiaga Uno dan KH Maruf Amin saat mengikuti debat capres terakhir Sabtu, 13 April 2019. (Foto: IG@sandiuno).
Cawapres 02 dan Cawapres 01 Sandiaga Uno dan KH Maruf Amin saat mengikuti debat capres terakhir Sabtu, 13 April 2019. (Foto: IG@sandiuno).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kubu 01 dukung pertemuan antara Ma’ruf Amin dan San￾diaga Uno. Namun inisiatif pertemuan, baiknya dari pihak yang kalah.

Kedua cawapres sama-sama membuka sinyal untuk bertemu. Bahkan Ma’ruf mengundang cawapres 02 untuk buka puasa di rumahnya.

Jubir TKN Ace Hasan Syadzily berharap pertemuan kedua cawapres segera terwujud. “Ya kita berharap terjadi ya. Supaya situasi politik, apalagi sedang bulan puasa seperti ini semua seharusnya kan cooling down gitu,” ujar Ace dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/4).

Ace pun menyarankan agar pertemuan itu dapat digelar sebelum tanggal 22 Mei 2019. “Tapi ya itu dikembalikan sama mereka,” katanya.

Baca juga : Koalisi Indonesia Kerja di DPR Bisa Bertambah Lagi

Politikus Golkar itu mengatakan Ma’ruf Amin sangat terbuka dengan pertemuan bersama Sandiaga. Namun, ditekankannya, pertemuan itu biasanya dii￾nisiasi dari pihak yang kalah.

“Intinya begini ya, kalau pertemuan tentu pertemuan itu inisiasinya dari pihak yang dalam tanda kutip memang kalah.

Ace membantah bila itu disebut jual mahal. Menurutnya, dalam setiap kontestasi politik, inisiatif pertemuan memang datang dari pihak yang kalah. Sementara sejauh ini, Paslon 01 unggul dalam quick count dan Situng KPU.

“Di mana-mana yang namanya proses politik dalam setiap kontestasi politik itu biasanya yang pertama kali telepon itu yang kalah, baru dia mengucapkan selamat,” tutur Ace.

Baca juga : Mardani Insyaf, Yang Lain Kapan?

Dia menegaskan, selama ini, Ma’ruf Amin selaku terbuka. “Kalau Pak Kiai Ma’ruf Amin dari awal sangat terbuka. Beliau selalu membuka pintu kapan Pak Sandi mau bertemu,” tegasnya.

Sebelumnya, Sandi menyampaikan keinginannya untuk bertemu dengan Ma’ruf Amin. Bahkan keinginan itu sudah muncul sebelum hari pencoblosan digelar. Bahkan dia pun sudah membuka komunikasi, tapi belum berhasil.

“Banyak sekali, mungkin ada 17 orang yang mencoba. Tapi saya kan juga bisa berhubungan langsung dengan Pak Kyai (Ma’ruf), namun beliau belum menyediakan waktu,” kata Sandi.

Namun pengakuan Sandi itu dibantah Ma’ruf Amin. Cawapres 01 malah bilang tidak pernah mendapatkan kabar apapun atau komunikasi yang datang. “Belum ada. Enggak ada yang hubungi kita,” tuturnya. “Siapa (delegasinya), siapa itu?” tambahnya.

Baca juga : IPW: KPK Penuh Intrik dan Manuver

Namun Ketua MUI ini memastikan, dirinya terbuka bila Sandi datang. “Saya sih sudah bilang kami kalau Sandiaga Uno mau ketemu saya siap, saya terima. Tapi belum ada yang bilang mau buka bersama dengan saya,” katanya.  [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.