Dark/Light Mode

Debat Capres Keempat

Jokowi : Tanamkan Pancasila Dari Usia Dini

Sabtu, 30 Maret 2019 20:57 WIB
Capres Pertahana Joko Widodo di Debat Capres Keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3) (Foto: NG Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).
Capres Pertahana Joko Widodo di Debat Capres Keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3) (Foto: NG Putu Wahyu Rama/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres 01 Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menanamkan Pancasila pada rakyat Indonesia sejak usia dini. Menurutnya, pendidikan Pancasila mesti diberikan sejak pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Tadi di depan sudah saya sampaikan bahwa Pancasila adalah kesepakatan suku ras golongan. Harus dijelaskan sejarah mengenai dirumuskan Pancasila, dibangunnya Pancasila harus diberikan di dalam pendidikan anak-anak kita bukan saja dari TK, tapi sejak PAUD SD, SMP, SMA, sampai pendidikan tinggi," kata Jokowi dalam debat keempat Pilpres 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3).

Baca juga : Maruf Amin: Jokowi Siap Debat

Ditambahkan Jokowi yang paling penting adalah menjalankan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, hal mendasar yang mesti ditanamkan ialah toleransi.

Terlebih Indonesia memiliki keberagaman dari suku, budaya, agama, hingga bahasa. Menurut Jokowi cara menanamkan Pancasila tanpa jalan indoktrinasi bisa dilakukan lewat jalur media sosial. Sehingga nilai Pancasila bisa sampai ke anak-anak muda.

Baca juga : Jokowi Urusin Tanda Tangan, Prabowo Bicara Buah Tangan

"Yang paling penting adalah bukan bagaimana memberikan pendidikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak harus diberi tahu toleransi karena kita terdiri dari 700 suku. Anak-anak juga harus diberi tahu bahwa ada 1.100 bahasa berbeda-beda, " pungkasnya. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.