Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dulu PKB Selalu Jelek Dalam Survei, Kini Pede Jadi Runner Up Pemilu 2024

Senin, 11 Oktober 2021 11:07 WIB
Ketua Umum PKB Gus Muhaimin saat membuka Musyawarah DPC PKB se-Bali di Denpasar, Minggu (10/10). (Foto: PKB)
Ketua Umum PKB Gus Muhaimin saat membuka Musyawarah DPC PKB se-Bali di Denpasar, Minggu (10/10). (Foto: PKB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) optimis, partai yang dipimpinnya mampu menggusur Golkar, yang saat ini bertengger di posisi kedua. Berdasarkan hasil riset teranyar Saiful Muzani Research & Consulting (SMRC) pekan lalu.

Kepercayaan diri PKB terdongkrak, usai masuk 3 besar dalam hasil riset tersebut, di bawah PDIP dan Golkar. Serta mengalahkan Gerindra.

"Insya Allah, kami yakin minimal posisi dua. Saat ini, kami sudah berhasil melampaui Partai Gerindra. Setahun terakhir, elektabilitas PKB baik. Kalau nggak di posisi 2, ya 3," kata Gus Muhaimin saat membuka Musyawarah DPC PKB se-Bali di Denpasar, Minggu (10/10).

Baca juga : Ketum PKP Optimistis Pengurus Baru Menangkan Pemilu 2024

"Dulu, PKB selalu jelek dalam survei-survei. Paling tinggi, ranking 5 atau 4," imbuhnya.

Gus Muhaimin berpendapat, membaiknya elektabilitas PKB saat ini, menunjukkan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan dan harapan yang tinggi terhadap partai berlambang 9 bintang itu.

Tren positif ini tidak lepas dari kinerja PKB di berbagai level, dalam menjalankan tugas-tugas politik. Baik di legislatif maupun eksekutif.

Baca juga : Kisah Nabi Daud Jadi Inspirasi Partai Gelora Hadapi Pemilu 2024 

Kinerja para wakil dari PKB, mulai dari tingkat DPRD II, DPRD I, hingga DPR RI, menurut Gus Muhaimin, nyata dirasakan masyarakat.

”Kader-kader PKB memiliki kepedulian yang tinggi. Saya optimis. Kita tidak punya infrastruktur kecurangan, tapi kita punya energi dan kinerja yang bagus,” tegasnya.

Gus Muhaimin melihat, posisi dua besar di Pemilu 2024 bukanlah isapan jempol semata. Selain hasil sejumlah survei yang menunjukkan tren positif, PKB juga memiliki indikator kesuksesan lainnya.

Baca juga : Rakerwil PKS Banten, Susun Strategi Hadapi Pemilu 2024

”Kita sudah berada di parpol papan atas. Indikasi itu adalah kecenderungan yang mungkin pasti terjadi, jika syarat-syaratnya terpenuhi. Apa itu syaratnya? Yakni kinerja, berfikir strategis, melangkah strategis, dan tepat sasaran. Kalau kinerja selesai, meraih 2 besar mutlak selesai,” urainya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.