Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tugas Untuk Pileg 2024

PAN Jepara Ditargetin Bentuk 1 Fraksi DPRD

Sabtu, 6 November 2021 07:20 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat melakukan konsolidasi dan pendidikan politik DPW PAN Jateng, di Kantor DPD PAN Kudus, Jumat (5/11/2021). (Foto: Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat melakukan konsolidasi dan pendidikan politik DPW PAN Jateng, di Kantor DPD PAN Kudus, Jumat (5/11/2021). (Foto: Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memberi tugas khusus kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Jepara, Jawa Tengah (Jateng). Bentuk satu fraksi di DPRD setempat di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

“Mudah-mudahan (PAN Jepara) bisa bentuk satu fraksi, ya,” ujar Zulhas -apaan akrab Ketum PAN ini, saat konsolidasi di akar rumput Kabupaten Jepara, kemarin.

Pada Pilkada 2019, DPD PAN Jepara hanya mampu meraih dua kursi di DPRD. Capaian itu memaksa PAN tak bisa mendirikan fraksi sendiri, sehingga harus berkoalisi dengan Partai Indonesia Raya (Perindo) untuk membentuk satu fraksi gabungan.

Baca juga : 11 Ruas Jalan Tol Baru Ditargetkan Tuntas Akhir 2021

Disinggung soal strategi khusus untuk meraih target tersebut, Zulhas enggan membeberkannya. Dia mengungkapkan akan membeberkannya di kemudian hari.

Zulhas juga mengakui potensi seluruh kader, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Jepara sangat besar bila dikelola dengan baik. Meskipun berada di pesisir, Jepara lebih maju dibanding sejumlah daerah lain di Jateng. Terutama pada indeks pendidikan dan usia hidup.

Saat ini, sebut Zulhas, akibat pandemi Covid-19, angka pengangguran di Jepara meningkat. Salah satunya, karena kurangnya order-order di kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang memang menjadi andalan Jepara. Masalah ini harus dicarikan solusinya oleh para kader PAN.

Baca juga : PPP Pekanbaru Targetkan Tujuh Kursi Wakil Rakyat

“Ini kita diskusikan agar ada jalan keluar. Sebetulnya sekolah, perusahaan itu sudah hampir bebas. Tapi prokes (protokol kesehatan-red) tetap dijalankan,” pungkasnya.

Anggota DPRD Jepara sekaligus kader PAN, Bambang Harsono pun siap melaksanakan tugas dari DPP PAN. Dia akan berusaha mendongkrak perolehan kursi DPRD. “Tugas tentu harus dijalankan sebaik-baiknya,” ujarnya pendek.

Sementara Bupati Jepara, Dian Kristiandi berterima kasihkepada seluruh anggota DPRD Jepara, termasuk dari kader PAN, karena telah menyetujui empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara. Salah satu Raperda yang disetujui adalah Raperda tentang Pencadangan Dana Pilkada 2024.

Baca juga : PKS Bandung Targetkan Meraih 20 Kursi DPRD

Dian mengungkapkan, dana cadangan Pilkada akan dianggarkan dalam dua tahun ke depan, mulai 2022 hingga 2024. Ranperda itu menyetujui bahwa anggaran Pilkada minimal Rp 40 miliar. Anggaran sebesar itu akan dianggarkan dalam dua tahun.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan pilkada bisa berjalan baik,” imbuhnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.