Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Top, Pencak Silat Masuk Kampus Kenya

Kamis, 9 Maret 2023 22:23 WIB
Pemuda Kenya menunjukkan kemampuannya dalam seni beladiri pencak silat. (Foto RM/KBRI Nairobi)
Pemuda Kenya menunjukkan kemampuannya dalam seni beladiri pencak silat. (Foto RM/KBRI Nairobi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi, Kenya, dalam dua tahun terakhir genjar mempromosikan budaya Indonesia, termasuk pengenalan dan pelatihan pencak silat. 

Dalam keterangan KBRI Nairobi, 3-4 Maret 2023, Duta Besar Indonesia untuk Kenya merangkap Uganda, Somalia, dan Republik Demokratik Kongo, Mohamad Hery Saripudin membuka acara promosi pencak silat, yang dihadiri sekitar 300 mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum, di kampus Technical University of Mombasa (TUM) di kota Mombasa, Kenya.

Kegiatan promosi tersebut dirangkaikan dengan pembukaan secara resmi Asosiasi Pencak Silat Wilayah Pantai Kenya (Kenya Coastal Region Pencak Silat Association) pada 3 Maret 2023, yang ditandai dengan penyerahan pataka oleh Dubes Hery Saripudin kepada pengurus Asosiasi.

Acara itu dihadiri Prof Joseph Rasowo (Wakil Rektor TUM Bidang Administrasi dan Keuangan) dan Prof Peter B Gichangi (Wakil Rektor TUM Bidang Akademik dan Riset). Selanjutnya, hadir juga acara anggota MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat) Mombasa County Maryam Baimu Salim Shariff.

Baca juga : Top, DKI Sumbang Petinju Terbanyak di Pelatnas SEAG Kamboja 2023

Di hari ke dua (4 Maret 2023), kegiatan promosi dilakukan dalam bentuk pelatihan massal Pencak Silat oleh para pelatih dan asisten pelatih Perguruan Pencak Silat Indonesia Seni Beladiri (PS Inseba) KBRI Nairobi. Kegiatan itu melibatkan sekitar 200 peserta yang terdiri dari pria dan wanita berusia 3-72 tahun.

Pada acara Pembukaan, sebanyak 30 pemuda-pemudi Kenya, kesemuanya adalah binaan PS Inseba KBRI Nairobi.

"Mereka melakukan demo yang berhasil memukau penonton dengan gerakan-gerakan seni beladiri yang indah, dipadu dengan teknik-teknik beladiri yang menambah kokoh pertahanan tubuh," kata Dubes Hery Saripudin.

Teknik tersebut meliputi Teknik Kuda-kuda; Teknik Sikap Pasang; Teknik Tangkisan; Teknik Tendangan, yang menggunakan kekuatan kaki yang ditendang ke arah depan, belakang, dan samping.

Baca juga : Anies Daur Ulang Slogan Kampanye

Ada juga Teknik Guntingan, yang menggunakan gerakan kedua kaki untuk menjepit kuda-kuda yang dibentuk lawan.

Sementara Teknik Pukulan, menggunakan gerakan tangan dan kaki yang saling berpadu sempurna. Kekuatan berfokus pada telapak tangan yang dikepalkan, dan bertujuan untuk menyerang atau merobohkan pertahanan lawan. Serta Teknik Arah dan Teknik Pola Langka

Sejauh ini, pencak silat telah diperkenalkan ke sejumlah sekolah, kampus, dan kelompok-kelompok komunitas dan lembaga lainnya di Nairobi, Kiambu County, dan Mombasa County sejak Juni 2021. Kegiatan itu telah melibatkan 600 peserta latih serta 20 pelatih.

Kedutaan Besar RI di Nairobi merupakan salah satu padepokan pencak silat di kota Nairobi. Masyarakat umum dapat bergabung mengikuti pelatihan dua kali dalam sepekan.

Baca juga : DPR Minta Pemerintah Usut Tuntas Kasus Kerusuhan Di Papua

Didirikan Juni 2021, Federasi Pencak Silat Kenya telah resmi diakui sebagai Anggota Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat), yang bermarkas besar di Jakarta.***

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.