Dark/Light Mode

Digelar Di Pelosok Kampung Ciamis

Opung Anies Dihadiri Emak-emak Dan Santri Milenial

Senin, 10 April 2023 18:33 WIB
Relawan Amanat Indonesia menggelar program Opung Anies (Obrolan Kampung Amanat Indonesia) di pelosok Kampung Gunung Sawung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (9/4). (Foto: Istimewa)
Relawan Amanat Indonesia menggelar program Opung Anies (Obrolan Kampung Amanat Indonesia) di pelosok Kampung Gunung Sawung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (9/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Amanat Indonesia atau disingkat ANIES terus bergerilya ke kampung-kampung di Jawa Barat (Jabar). Minggu (9/4), Relawan yang dipimpin Sahrin Hamid itu giliran menggelar program Opung Anies (Obrolan Kampung Amanat Indonesia) di pelosok Kampung Gunung Sawung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Opung Anies ini merupakan program andalan dari Relawan ANIES dalam mensosialisasikan sosok bakal calon presiden 2024, Anies Rasyid Baswedan dengan konsep obrolan ringan politik bersama warga di level kampung.

Ketua Panitia Acara, Budi Purwoko mengatakan, penyelenggaraan Opung Anies di Kabupaten Ciamis ini sebagai kelanjutan safari politik Relawan ANIES ke perkampungan, khususnya di wilayah Jawa Barat.

"Kami betul-betul menyelenggarakan Opung Anies ini di perkampungan yang sangat jauh dari hiruk-pikuk kebisingan kota," kata Budi mengawali sambutannya, Minggu (9/4).

Budi menjelaskan, dalam obrolan kampung ini, selain dihadiri oleh emak-emak, turut hadir juga dari kalangan santri milenial dan guru ngaji atau ustadz Kampung Gunung Sawung.

Baca juga : Dies Natalis Ke-56 Universitas YARSI Dihadiri JK Dan Taufiq Ismail

Tidak hanya itu, Budi menyebut, pihaknya juga melibatkan para remaja atau pemuda pendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 untuk bersama-sama berdiskusi ringan tentang 'Kenapa Harus Anies di 2024?'.

Mereka, menurut Budi, selain kelompok milenial yang memang konsen ke dunia politik, juga pernah terlibat dalam agenda kebersihan lingkungan. Dia mengaku, acara Opung Anies kali ini disambut antusias warga, hingga digelar dalam dua sesi.

Sesi I, diakhiri dengan acara buka puasa bersama, dan dilanjut kembali dengan Sesi II, setelah sholat isya/tarawih berjamaah.

"Jadi, ini sengaja dilakukan (di kampung) karena kami ingin menyasar masyarakat di perkampungan/pedesaan agar mereka memahami proses demokrasi di Indonesia khususnya jelang Pilpres 2024 nanti agar demokrasi berjalan damai dan penuh riang gembira," jelas Budi, yang juga aktivis Pemuda Islam Jawa Barat itu.

Pada kesempatan ini hadir sebagai pembicara, yaitu aktivis kemasyarakatan & lingkungan hidup Jawa Barat, Didin Hasanuddin alias Kang Didin.

Baca juga : Opung Anies Disambut Antusias Warga Kampung Cina, Halmahera Utara

Dalam kiprahnya, Kang Didin selama ini bergelut di berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di Jawa Barat dan sangat aktif dalam pembinaan generasi milenial sadar lingkungan hidup dengan gerakan aksi kepedulian lingkungan serta agenda perubahan iklim (climate change).

Dalam paparannya, Kang Didin mengatakan, generasi milenial khususnya, dan masyarakat pada umumnya harus terlibat aktif merasakan setiap denyut proses demokrasi di Indonesia secara damai dan penuh riang gembira.

Menurutnya, proses demokrasi yang riang gembira, jujur dan damai tersebut harus sampai ke level masyarakat grass root di pedesaan atau perkampungan. Bukan di perkotaan saja.

"Intinya seluruh rakyat harus riang gembira menyambut pelaksanaan pemilu baik Pileg maupun Pilpres 2024 di tanah air yang kita cintai ini," ucap Kang Didi, yang juga Sekretaris Umum KAHMI Jawa Barat periode 2008 - 2013 itu.

Sementara itu, pembicara lainnya, tokoh agama setempat, KH. Ucup mengaku memahami kecenderungan dukungan masyarakat kepada Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Baca juga : Ikhlas Dan Peduli Pada Sesama, Tukang Gali Kubur Ini Dihadiahi Umrah Oleh Insight

"Karena Pak Anies adalah figur yang diyakini mampu mengemban harapan seluruh rakyat Indonesia," ungkap Kiai Ucup.

Kiai Ucup dan Ajengan Kampung lainnya juga berharap ke depan perlu ada pelurusan sejarah perjuangan umat Islam. Dia ingin, ke depan Negara hadir untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi seluruh rakyat serta pengelolaan Negara bisa lebih amanah dan jujur serta betul-betul untuk kesejahteraan rakyat.

Selain itu, Kiai Ucup juga berharap, di bawah kepemimpinan Anies Baswedan ada perbaikan sistem pendidikan yang lebih adil. Dia menyebut, mata pelajaran pendidikan agama harus lebih banyak, tidak boleh tersisih oleh pelajaran umum.

Sebagaimana diketahui, Opung Anies ini merupakan safari politik Relawan ANIES yang keempat di Tanah Pasundan, setelah sebelumnya pada 23 Maret 2023, program Opung ANIES dilaksanakan di Cigagak Cisurupan Kota Bandung, di Desa Cicalengka Wetan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung pada 1 April 2023, dan terakhir di Kampung Mangahang Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada 6 April 2023, tengah pekan kemarin.

Selain di Jawa Barat, Opung Anies sebelumnya juga telah diselenggarakan di Indonesia Timur, tepatnya di Kampung Cina di Warkop Marimoi Tobelo, Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara pada 4 April 2023 lalu. Program Opung Anies pertama kali diluncurkan oleh Ketua Umum Amanat Indonesia, Sahrin Hamid di Palmerah Jakarta, 20 Maret 2023. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.