Dark/Light Mode

KPP Penuhi Preshold

Bung! Anies Pasti Berlayar

Selasa, 18 April 2023 07:55 WIB
Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Facebook)
Eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat optimis, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bisa menjadikan eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Buktinya, koalisi yang digagas Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai NasDem ini, sudah memenuhi presidential threshold.

“Kami optimis KPP dan Mas Anies akan berlayar,” ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pernyataan ini merupakan reaksi atas pendapat pendiri Partai Ummat, Amien Rais yang akan memberikan dukungan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto seandainya Anies gagal maju Pilpres 2024, dan ter­jadi head to head antara Prabowo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berbicara di kanal YouTube Akbar Faizal Uncensored, Amien mengaku, tidak sulit untuk me­milih Prabowo. “Kalau berandai andai very easy to answer, Pak Prabowo is always choice. Iya yang jelas bukan Pak Ganjar. Pak Ganjar adalah continuity this regime,” kata Amien.

Baca juga : KPK Tahan Pengusaha Penyuap Eks Bupati Buru Selatan

Melanjutkan pendapat Kamhar yakin, Anies tidak akan gagal meraih tiket Pilpres 2024. Pasalnya, sejumlah pondasi su­dah berdiri kokoh. Selain terja­linnya KKP, koalisi ini juga terus melakukan gerak maju dengan menandatangani piagam kerja sama tiga partai.

Tertuang di dalam kesepa­takan tersebut, ihwal keputusan bersama mengusung Anies se­bagai Capres 2024. Sekaligus menegaskan telah memenuhi bahkan melewati ambang ba­tas Presindential Threshold (Preshold) sebesar 20 persen.

“Jadi, pernyataan Partai Ummat ini terasa kurang pas. Meskipun demikian kami tetap menghor­mati independensi mereka me­nyampaikan sikapnya,” katanya.

Menurutnya, pendapat Amien Rais ini tidak mempengaruhi soliditas, semangat, dan moral skuad KPP untuk terus men­dukung Anies di Pilpres 2024. Baginya, tidak ada tempat untuk keragu-raguan dalam melakukan perjuangan politik kebangsaan.

Baca juga : Waka BPIP: Penyusun Buku Wajib Paham Pancasila

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Ummat, Benny Suharto menepis asumsi bahwa barisannya ragu untuk mem­beri dukungan terhadap Anies. Asumsinya, hingga saat ini partainya masih solid dan bulat mendukung Anies Baswedan sebagai calon Presiden 2024.

“Adanya isu jika Partai Ummat tidak bulat mendukung Anies se­bagai calon presiden itu sangatdi­sayangkan, karena sekali lagi saya tegaskan, jika Partai Ummat clear mendukung Anies Baswedan sebagai capres,” ujar Benny, kemarin.

Benny merincikan, pihaknya telah melakukan penjaringan internal ihwal siapa yang akan dimajukan partai di Pilpres 2024. Hasilnya, dari pengurus yang tersebar di 34 Provinsi se-Indone­sia, hanya ada tiga provinsi yang belum menyatakan atau tidak menyampaikan pendapatnya.

Asumsinya, dukungan terha­dap Anies itu sudah diumumkan pada penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat, pada 15 Februari 2023. Seluruh skuad Partai Ummat justru senang dan mendukung Anies menjadi Capres 2024.

Baca juga : Patuhi Regulasi, Presiden Dukung Kertajati Jadi Bandara Premium

“Saya harap jangan ada lagi ada ucapan yang meruntuhkan semangat para kader di bawah dan saya harap semuanya patuh dengan hasil Rakernas yang menyatakan kita mendukung Anies,” tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.