Dark/Light Mode

Purnawirawan Usul, Cawapres Anies Berlatar Militer

Jumat, 3 Maret 2023 23:36 WIB
Sesepuh angkatan 1968 bertemu dan berdiskusi dengan Bakal Calon Presiden 2024, Anies Baswedan, Kamis (2/3). (Foto: Istimewa)
Sesepuh angkatan 1968 bertemu dan berdiskusi dengan Bakal Calon Presiden 2024, Anies Baswedan, Kamis (2/3). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Letjen TNI Purn. R. Ediwan Prabowo, bersama 31 purnawirawan perwira tinggi TNI dan Polri angkatan 1980-1988, bersama sesepuh angkatan 1968 telah bertemu dan berdiskusi dengan Bakal Calon Presiden 2024, Anies Baswedan, Kamis (2/3).

"Kepada Saudara Anies, kami menyampaikan dukungan atas pencapresan beliau yang secara politik sudah dideklarasikan oleh Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS, di dalam poros Koalisi Perubahan," ujar Ediwan, melalui keterangan tertulis kepada RM.id, Jumat (3/3).

Ediwan menceritakan, diskusi yang berlangsung hangat itu membicarakan tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Para peserta memandang ada situasi genting dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Padahal, persatuan adalah center of gravity dari tegaknya NKRI.

Pun, para purnawirawan juga mengangkat situasi sulit yang dihadapi masyarakat saat ini. Antara lain, kenaikan harga, melemahnya daya beli masyarakat, tingginya angka pengangguran kaum mudaa, hingga besarnya utang Pemerintah yang menjadi beban rakyat.

"Adanya rasa takut dan ketidakadilan yang meresahkan, hingga gerakan separatisme bersenjata yang semakin eksis. Hal ini membutuhkan kepemimpinan nasional yang baru untuk mengatasi dan juga mampu mengayomi semua elemen serta keberagaman anak bangsa," katanya.

Baca juga : Prabowo Capres Dengan Loyalis Tertinggi

Nah, untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa ini, dibutuhkan kepemimpinan nasional dengan standar integritas tinggi, memiliki rekam jejak yang kompeten dan bersih. Serta, dapat membawa semangat perubahan untuk Indonesia yang lebih baik.

"Termasuk, kesejahteraan bagi para purnawiran TNI-Polri dan senior veteran yang kita hormati bersama," sebutnya.

Para purnawirawan itu menyimpulkan, sosok Anies dianggap memenuhi kriteria sebagai bakal calon Presiden yang handal, dengan rekam jejak di bidang Pemerintahan pusat maupun daerah serta akademik.

Meski begitu, untuk mengatasi kompleksitas permasalahan negara, dan juga dinamika politik luar negeri yang tidak mudah, para purnawirawan ini memandang Anies Baswedan perlu didampingi bakal Calon Wakil Presiden yang memiliki rekam jejak di bidang militer dan politik.

"Termasuk, latar belakang akademik yang tinggi, masih muda dan sanggup bekerja di bawah tekanan, untuk membantu Presiden kelak dalam mengambil keputusan-keputusan yang sulit bagi kepentingan bangsa ini," sebutnya.

Baca juga : Para Jenderal Purnawirawan TNI-Polri Dukung Pencapresan Anies Baswedan, Usulkan AHY Jadi Pasangannya

Alhasil, di diskusi tersebut diungkapkan, para purnawirawan menyambut baik syarat-syarat Cawapres yang digariskan Anies sendiri. Yaitu, memiliki elektabilitas yang memadai, mampu menjaga soliditas koalisi, membantu efektivitas pemerintahan, memiliki chemistry yang sama atau bisa menjadi dwitunggal serta sama-sama mengusung semangat perubahan.

"Kami melihat irisan di antara dua kebutuhan tersebut ada kuat pada Sdr. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat," tegasnya.

Rekomendasi terhadap AHY itu bukan tanpa sebab. AHY, dianggap sukses memimpin lebih dari sejuta kadernya melawan upaya pengambilalihan kedaulatan partainya, dan dengan gesit mengelola manajemen sumber daya partai untuk membawa Partai Demokrat secara konsisten masuk dalam partai papan atas.

Selanjutnya, pengalaman 5 tahun di bidang politik ini ditambah pengalaman kepemimpinannya di bidang militer yang mempertaruhkan nyawa demi kepentingan bangsa baik di dalam dan luar negeri selama 16 tahun, serta pendidikan tinggi yang mumpuni, membuat AHY menjadi sosok yang sangat tepat untuk melengkapi sosok Anies.

"Kami bersyukur bahwa Anies Baswedan mengapresiasi dukungan kami dan bersedia mendengar serta menyerap aspirasi serta usulan kami," katanya.

Baca juga : Cak Imin, Genjot Elektabilitas!

Terakhir, katanya, pihaknya juga memperhatikan semakin kuat dan luasnya dukungan dan harapan besar semua lapisan rakyat dari seluruh pelosok Tanah Air kepada pasangan Anis-AHY.

"Mari kita bersama bahu membahu kerja keras untuk mengamankan, mengawal dan menyukseskan Capres dan Cawapres Anies-AHY," tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.