Dark/Light Mode

Sempat Anjlok

Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Meroket Setelah Dicapreskan PDI Perjuangan

Sabtu, 29 April 2023 21:17 WIB
Ganjar Pranowo, elektabilitasnya meroket setelah dicapreskan PDI Perjuangan pada 21 April 2023. (Foto: Istimewa)
Ganjar Pranowo, elektabilitasnya meroket setelah dicapreskan PDI Perjuangan pada 21 April 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Elektabilitas Ganjar Pranowo mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari 13 persen pada 4-7 April 2023 menjadi 20,8 persen pada 25-28 April 2023, setelah resmi dicapreskan oleh PDI Perjuangan pada 21 April lalu.

Sekadar catatan, pada periode survei 4-7 April 2023, elektabilitas Ganjar yang hanya 13 persen, banyak dipengaruhi oleh keputusan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA), yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Dalam periode yang sama, Prabowo Subianto yang merupakan rival terdekat Ganjar, mengalami penurunan elektabilitas dari 18,3 persen menjadi 15,8 persen.

Sedangkan Anies Baswedan, naik tipis dari 10,7 persen menjadi 11,4 persen.

Fakta ini terekam dalam survei terakhir elektabilitas bakal calon presiden, yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terhadap pemilih kritis nasional, pada 25-28 April 2023.

Baca juga : SMRC: Pasca Deklarasi Capres, Elektabiltas Ganjar Naik Signifikan

"Kenaikan Ganjar muncul dari akumulasi penurunan pada Prabowo, pada pemilih yang belum menentukan pilihan sebelumnya, dan pada pemilih calon-calon lain," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani dalam presentasi hasil survei, Sabtu (29/4).

Definisi pemilih kritis menurut SMRC adalah pemilih yang punya akses ke berbagai sumber informasi sosial-politik secara lebih baik, karena mereka memiliki telepon seluler. Sehingga, bisa mengakses internet untuk mengetahui dan menyikapi berita-berita sosial-politik.

Umumnya, mereka adalah pemilih kelas menengah bawah ke kelas atas, lebih berpendidikan, dan cenderung tinggal di perkotaan.

Mereka juga cenderung lebih mampu mempengaruhi opini kelompok pemilih di bawahnya.

Secara nasional, total pemilih kritis diperkirakan berjumlah 80 persen. Karena itu, survei ini tidak mencerminkan populasi pemilih nasional 100 persen.

Baca juga : Survei LANSKAP: Elektabilitas Prabowo Subianto Tinggi Di Jateng Dan Jatim

Deni menyebut, dalam tiga tahun terakhir, elektabilitas bakal calon presiden ini cukup dinamis.

Pada 2020, Prabowo terlihat paling kuat. Pada 2021 sampai akhir 2022, Ganjar menjadi paling kuat.

Mulai awal 2023, Prabowo kembali menguat. Dia mampu menggeser posisi nomor dua Anies, sejak Presiden Jokowi secara terbuka mendukung Prabowo.

Puncak dukungan pada Prabowo datang, setelah FIFA membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U20 di Indonesia.

Dalam periode survei 4-7 April 2023, Ketua Umum Partai Gerindra yang kini menjabat Menteri Pertahanan mengantongi angka elektabilitas 18,3 persen.

Baca juga : Ganjar Comeback, Elektabilitas Teratas Kalahkan Prabowo Dan Anies

Sementara Ganjar yang saat ini mengemban amanat sebagai Gubernur Jawa Tengah, hanya mampu mengantongi angka 13 persen. Anjlok dari 16,2 persen pada Maret 2023.

Ganjar bangkit dan menguat signifikan, setelah dicapreskan oleh PDI Perjuangan. Sejak keputusan FIFA hingga pasca pengumuman PDIP, Ganjar mengalami pemulihan berarti dari 13 persen menjadi 20,8 persen. Dengan kata lain, naik 7,8 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.