Dark/Light Mode

Analisa Polling The Matchmaker

Pengamat: Prabowo Unggul Dipasangkan Dengan Siapapun

Kamis, 4 Mei 2023 20:06 WIB
Menteri Pertahanan/Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)
Menteri Pertahanan/Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dan akademisi Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menyoroti hasil polling The Matchmaker yang menunjukkan Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto unggul dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. Hasil sementara The Matchmaker pada periode 20 Februari-25 April 2023 mengungkap, Prabowo unggul jika dipasangkan dengan Ganjar ataupun Menteri BUMN Erick Thohir.

“Saya melihat dan memotretnya kalau Prabowo dari polling tersebut hasilnya leading kalau dipasangkan dengan siapa pun. Tentu ini menguntungkan bagi Prabowo,” kata Ujang, Kamis (4/5).

Baca juga : Pengamat: Elektabilitas Prabowo Sesungguhnya Lebih Unggul Dibanding Ganjar

Saat dipasangkan dengan Erick, Prabowo memperoleh skor mencapai 4.397 poin dan menduduki posisi pertama. Kemudian, saat dipasangkan dengan Ganjar, Prabowo mendapatkan skor 3.097 dan menduduki posisi kedua. 

Artinya, Prabowo mau dipasangkan dengan siapapun wakilnya akan tetap unggul. “Sebelum atau sesudah Ganjar dicalonkan PDIP sebagai capres, Prabowo masih leading. Prabowo-Erick justru lebih tinggi dibandingkan Prabowo-Ganjar,” ucap Ujang.

Baca juga : Prabowo Bisa Berpasangan Dengan Anies Di 2024

Pada 20 Februari-25 April 2024 sudah terdata lebih dari 17.542 orang yang melakukan voting pasangan capres-cawapres favoritnya di The Matchmaker. Hasil sementara, Prabowo-Erick masih dinobatkan sebagai pasangan favorit, disusul dengan Prabowo-Ganjar. 

“Bahkan publik ingin Erick atau Ganjar sebagai wakilnya Prabowo. Dan itu harapan dari publik, masyarakat yang ingin memasangkan Prabowo sebagai presiden dengan cawapresnya Erick atau Ganjar,” jelas Ujang.

Baca juga : Kasih Saran Sesat, KPK Tetapkan Pengacara Lukas Enembe Tersangka Perintangan Penyidikan

Polling The Matchmaker kini telah memasuki tahap kedua. Sebelumnya, The Matchmaker juga telah melakukan polling pada tahap pertama periode 1 Desember 2022-9 Februari 2023 berkenaan dengan 5 besar pasangan capres-cawapres yang paling banyak diminati.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.