Dark/Light Mode

Zulhas: Kontestasi Pemilu 2024 Fastabiqul Khairat, Berlomba Dalam Kebaikan

Senin, 15 Mei 2023 07:11 WIB
PAN dipimpin Zulkifli Hasan saat mendaftarkan 580 bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5). (Foto: Ist)
PAN dipimpin Zulkifli Hasan saat mendaftarkan 580 bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN Zulkifli Hasan mengatakan, kontestasi pemilihan umum (Pemilu) dalam Islam merupakan Fastabiqul Khairat, yang memiliki tujuan untuk berlomba dalam kebaikan.

Hal itu diutarakan Zulkifli Hasan saat menyampaikan pesannya untuk penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang.

PAN sendiri telah resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2024 ke KPU pada hari Jumat (12/5).

Baca juga : Kasih Ruang Dong Rakyat Pantau Rekam Jejak Caleg!

“Kontestasi pemilu dalam islam, kita sebut Fastabiqul Khairat, berlomba-lomba dalam kebaikan, bersaing sehat dan ksatria antar saudara. Oleh karenanya pemilu seharusnya memperkuat persaudaraan kebangsaan dan persatuan,” ujar Zulkifli Hasan dalam keterangannya, Senin, (15/5).

Menteri Perdagangan RI ini melanjutkan, bagi PAN, Pemilu juga merupakan kompetisi untuk berlomba mencari amar makruf nahi mungkar atau menegakkan yang benar dan melarang yang salah.

"Artinya kompetisi dalam rangka berbuat baik," imbuhnya.

Baca juga : Zulhas: Harga Bahan Pokok Stabil Pasca Lebaran

Selain itu, kontestasi bagi kader dan caleg PAN, kata Zulkifli Hasan, juga merupakan lomba untuk menawarkan program terbaik.

"Untuk mencari solusi, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan pusat,” tandasnya.

Diketahui, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN mendaftarkan 580 bakal calon anggota legislatif (caleg) DPR Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5).

Baca juga : Awas, Buzzer Politik Sebar Konten Hoax

Sebanyak 580 bakal caleg tersebut akan bertarung di 84 daerah pemilihan atau dapil. Sementara untuk pengurus PAN di tingkat provinsi dan kabupaten/kota juga mendaftarkan bakal caleg DPRD pada Jumat (12/5).

Untuk DPRD provinsi, PAN mendaftarkan 2.372 orang yang bertarung di 301 dapil.

Sedangkan untuk DPRD kabupaten/kota, PAN mendaftarkan 17.512 orang untuk berebut kursi di 2.325 dapil. Baik untuk DPRD provinsi maupun kabupaten/kota. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.