Dark/Light Mode

Romo Benny: Jangan Terjebak Retorika, Tantangan Global Itu Nyata

Senin, 15 Mei 2023 13:45 WIB
Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Pakar Komunikasi Politik, Benny Susetyo.  (Foto: dok. pribadi)
Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekaligus Pakar Komunikasi Politik, Benny Susetyo. (Foto: dok. pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilu merupakan sarana bagi rakyat, untuk menjalankan kedaulatan dan merupakan lembaga demokrasi.

Pertarungan antar partai politik untuk menentukan masa depan Indonesia itu, sudah mendekati saat-saat yang sangat penting dan urgent. Semakin dekat menuju tanggal pelaksanaan, 14 Mei 2024.

Terkait hal ini, Pakar Komunikasi Politik Antonius Benny Susetyo menegaskan, negara kita butuh pemimpin berjiwa visioner, yang tak hanya mampu mengantisipasi perkembangan dalam negeri. Tetapi juga berbagai persoalan internasional, seperti geopolitik dan perubahan ekonomi global.

"Kita membutuhkan pemimpin, yang memiliki kemampuan dalam menjaga keragaman dan kemajemukan. Pemimpin yang mampu mengantar bangsa Indonesia, menuju negara maju dan punya nama di tataran global," tegas Romo Benny dalam keterangannya, Senin (15/5).

Baca juga : Terminal, Bandara, Pelabuhan Mulai Padat

Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu berharap, para calon pemimpin tak hanya jago menjual aneka janji manis.

Lebih dari itu, mereka harus mampu merealisasikan janjinya, dengan berbagai program yang jelas untuk mengatasi kesenjangan ekonomi, persoalan keadilan, dan tata kelola pemerintahan.

"Jangan sampai, rakyat hanya terjebak pada retorika. Calon Presiden hanya berjanji, kalau terpilih, mereka akan melakukan hal-hal tersebut. Tapi, semua itu hanya janji-janji manis tanpa ada realisasinya," papar Romo Benny, yang juga seorang budayawan.

Dia berpesan, agar rakyat memilih pemimpin yang mampu mengantar Indonesia pada masa depan, dengan gagasan yang konkret dan rekam jejak yang jelas.

Baca juga : Kemhan Terima Rantis Australia Tanpa Syarat

Pemimpin terpilih harus mampu mengolah tata kelola pemerintahan secara benar, sesuai konstitusi.

"Dibutuhkan kecerdasan rakyat untuk menentukan pemimpin, untuk menentukan masa depan bangsa ini. Kita butuh suatu kesadaran publik, bahwa mencari pemimpin bukanlah pekerjaan yang mudah," kata Romo Benny.

Mencari pemimpin, imbuh Romo Benny, harusnya ditentukan oleh rekam jejak, prestasi, kemampuan, integritas, dan komunikasi kepada publik yang baik.

Pemimpin harus mampu menjadi leader, yang memiliki visi masa depan Indonesia.

Baca juga : Buka Puasa dengan Gorengan?Jangan Berlebih, Perhatikan Kesehatan Juga

Benny menuturkan, di tengah situasi global yang tidak menentu, akan terjadi krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan.

Semua problematika itu, membutuhkan pemimpin yang bisa merangkul semua golongan.

Sebagai pemegang kedaulatan, rakyat menentukan pemimpin masa depan. Memilih orang yang tepat. "Maka saatnyalah, politik keadaban harus menjadi gagasan," pungkas Romo Benny. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.