Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sowan Ke Try Sutrisno

Cak Imin Diminta Merawat Indonesia, No Adu Domba!

Minggu, 21 Mei 2023 07:45 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) menyalami Wakil Presiden RI ke-6, Try Sutrisno (kanan) saat bersilaturahmi ke kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (20/5/2023), membahas kondisi perpolitikan di Indonesia menjelang Pemilu 2024. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) menyalami Wakil Presiden RI ke-6, Try Sutrisno (kanan) saat bersilaturahmi ke kediamannya di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu (20/5/2023), membahas kondisi perpolitikan di Indonesia menjelang Pemilu 2024. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar melanjutkan rangkaian safari politiknya.Yang terbaru, Cak Imin mengunjungi kediaman Wakil Presiden RI ke-6, Try Sutrisno, kemarin.

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu datang dengan balutan busana kemeja batik corak merah bergambar burung garuda dengan peci ini didampingi se­jumlah elit PKB. Seperti Wakil Ketua Umum, Jazilul Fawaid dan Muhammad Hanif Dhakiri, Sekretaris Jenderal, Hasanuddin Wahid serta Ketua PKB Jawa Barat, Syaiful Huda.

Try Sutrisno menyambut hangat rombongan politisi PKB yang datang ke rumah pribadinya di kawasan Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta Pusat itu. Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) ini sempat bercanda dengan Cak Imin. “Yang datang berapa? Kalau enam rukun iman, kalau lima Pancasila,” celetuk Try Sutrisno disambut gelak tawa Cak Imin Cs.

Baca juga : Sowan Ke Try Sutrisno, Cak Imin Dapat Wejangan Ini

Setelah sambutan hangat itu, elite PKB dengan Try Sutrisno masuk ke dalam rumah dan melakukan perbincangan ter­tutup. Usai pertemuan tertutup berlangsung satu setengah jam itu, Cak Imin mengaku dapat sejumlah petuah dan wejangan dari Try Sutrisno. Pertama, di­minta terus merawat Indonesia. “Anda-anda inilah nanti yang meneruskan Indonesia. Karena zaman berputar terus. Yang tua mati, diganti yang muda,” pesan Try.

Dia mengingatkan, generasi muda harus betul-betul diper­siapkan untuk melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa. Try juga berpesan, generasi muda untuk mencontoh akhlak yang baik dari para orangtua. “Saling mengunjungi silaturahmi. Ini negara besar. Bangsamu ini budayanya tinggi. Kobarkan akhlak yang baik itu. Jangan mau diadu domba,” imbaunya.

Pria berusia 88 tahun ini juga meminta, sebagai calon pemimpin, Cak Imin semakin bijaksana. Yakni seimbang dalam pikiran, hati dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Kepala dan hati harus sama-sama baik. Jadi pemimpin itu terang pikirannya, bersih hatinya, dan mantep iman takwanya,” imbaunya sembari berharap Pemilu 2024 berjalan tertib dan damai. Karena, wa­laupun berbeda partai, semua bersaudara.

Baca juga : Di Depan PM Sunak, Jokowi Minta Komoditas Utama Indonesia Tak Kena Diskriminasi

Cak Imin mengaku akan men­jalankan petuah Try Sutrisno. Dia memuji Try Sutrisno yang tetap konsisten menjaga Pancasila dan UUD 1945. “Beliau mengingat­kan, menjadi pemimpin yang benar, harus pintar, hatinya ber­sih, dan ketiga punya iman dan taqwa yang kuat. Beliau meminta istiqamah dan konsisten agar tidak terlalu liberal bangsa ini. Beliau menitipkan ayo kembali kepada dasar Pancasila dan UUD 1945 yang asli yang murni,” tutur Cak Imin.

Usai bertemu Try, Cak Imin berencana bertemu Presiden RI ke-5 sekaligus Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Dia pun mengaku sudah berkomunikasi dengan Mega. “Kita nunggu kabar dari Bu Mega,” kata Cak Imin.

Sebelumnya, Cak Imin melakukan rangkaian safari politik menemui sejumlah wapres dan mantan wapres. Sepekan lalu, Cak Imin menemui Wapres KH. Ma’ruf Amin. Cak Imin juga telah menemui Wapres ke-9 Hamzah Haz, Wapres ke-11 RI Boediono dan Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.