Dark/Light Mode

Yenny Dan Khofifah Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Banteng Dipuji Kaum Hawa

Rabu, 14 Juni 2023 07:45 WIB
Pakar Komunikasi Politik Universitas Nasional (Unas) Lely Arrianie. (Foto: Ist)
Pakar Komunikasi Politik Universitas Nasional (Unas) Lely Arrianie. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyebut dua nama kader perempuan yang dipertimbangkan menjadi cawa­pres Ganjar.

“Monggo, silakan, kalau perempuan contohnya Mbak Yenny Wahid, Ibu Khofifah,” tutur Djarot di Kompleks Parle­men, Senayan, Jakarta, kemarin.

Meski demikian, Djarot me­nyebut pihaknya masih ha­rus memetakan nama cawapres Ganjar agar sesuai dengan visi-misi dan mendukung percepatan pembangunan yang telah dilaku­kan Presiden Jokowi. “Semua nama akan dievaluasi,” ujarnya.

Baca juga : Pensiun Bulan Depan, Kinerja Presdir TMMIN Warih Andang Dipuji Menperin

Serupa, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sebelumnya juga menyebut, partainya tak terlalu mempertimbang­kan gender dalam pemilihan cawapres Ganjar.

PDIP, kata dia, tidak pernah membedakan pemimpin atas dasar latar belakang, jenis kela­min, sipil atau militer, birokrasi atau non-birokrasi.

“Tentu berdasarkan aspek-aspek elektoral, kami juga mencermati kemungkinan adanya kandidat perempuan,” ujar Has­to usai menghadiri peresmian Kapal Rumah Sakit Laksamana Malahayati di Pelabuhan Tan­jung Priok, Sabtu (10/6).

Baca juga : Gunakan Sistem Canggih, Ganjar Pranowo Puji Sahabat Ganjar

Soal afirmasi terhadap perem­puan, kata Hasto, PDIP mengumumkan Ganjar sebagai capres pada Hari Kartini, 21 April. Tanggal mewakili spirit perem­puan.

Dia juga mengatakan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri ingin perempuan di Indonesia mewarisi semangat Laksamana Hayati, pahlawan yang namanya dijadikan nama kapal rumah sakit.

Loyalis Yenny Wahid yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Barisan Kader atau Bari­kade Gus Dur, Pasang Haro Rajagukguk mengapresiasi pe­nyebutan nama Yenny sebagai cawapres Ganjar.

Baca juga : AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Banteng Tunjukkan Spirit Merangkul

Menurutnya, Yenny dianggap paket lengkap mendongkrak capres manapun. Sebab, selain perempuan, Yenny aktivis NU sekaligus putri Presiden Keem­pat KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Yenny juga punya pengalaman politik dan organisasi yang panjang.

Namun demikian, Barikade Gus Dur, kata dia, sampai seka­rang belum menentukan pilihan.

“Siapa kira-kira capres yang mempunyai misi dan visi memper­juangkan aspirasi perempuan dan rakyat seperti yang diperjuang­kan oleh almarhum Gus Dur,” kata Pasang Haro kepada Rakyat Merdeka, kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.