Dark/Light Mode

Bursa Cawapres 2024

Erick Thohir Lebih Unggul, Sosok Yang Luwes Dan Lincah

Jumat, 16 Juni 2023 07:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) tidak khawatir dengan ramainya pemberitaan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno masuk bursa Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024. Pasalnya, Menteri BUMN Erick Thohir yang didukung PAN, dianggap lebih unggul.

“Kita tidak khawatir ketinggalan kereta,” ujar Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo ke­pada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pernyataan ini merupakan reaksi atas hebohnya rumor Sandiaga masuk bursa cawapres Ganjar Pranowo. Nama Sandiaga semakin ramai diperbincangkan setelah memutuskan pindah dari Partai Gerindra yang membesar­kan namanya ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rabu lalu.

Baca juga : Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Pak Bas: Saya Fokus Kerja Aja

Nah, PPP merupakan salah satu parpol pendukung Ganjar bersama PDI Perjuangan (PDIP), Partai Hanura) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Sandiaga, kini tampil sebagai kader PPP.

Menganalisa ini, Drajad menyimpulkan Erick justru lebih unggul dari Sandiaga di bursa Cawapres. Indikatornya, Sandiaga berlatar partai politik (parpol) dan Erick non-parpol. Asumsinya, siapa pun wakil parpol pasti terjadi dinamika politik dengan parpol lain di dalam sebuah koalisi Pilpres 2024. “Kalau Pak Erick lebih luwes dan lincah,” sebutnya.

Menurutnya, dengan posisi Erick yang masuk kategori tokoh non-parpol, semakin mudah dipromosikan. Justru, sosok non-parpol inilah yang kemudian bisa mempersatukan kepentingan parpol yang berbe­da-beda warna. “Kita lihat saja bagaimana hasillnya,” bisiknya.

Baca juga : Puan Nyebut AHY, Demokrat Bilang Terima Kasih...

Meski begitu, pakar ekonomi Indef ini menyebut, Erick dan Sandiaga adalah kawan lama. Tentu, persaingan keduanya nanti di bursa Pilpres 2024 di­jamin berlangsung sehat.

Seperti diketahui, PAN tengah disibukkan dengan beberapa agenda politik. Di antaranya, tengahmelirik Erick Thohir sebagai bakal cawapres untuk Pemilu 2024. Namun, PAN yang masih tergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ini belum menentukannya.

Namun, dalam hasil riset GanjarCenter, nama Sandiaga menjadi salah satu tokoh paling kuat di antara tujuh nama cawa­pres yang cocok mendampingi Ganjar sebagai Capres 2024.

Baca juga : Poles Usia Dini, Erick Thohir Undang 5 Legenda Dunia

“Kita ambil 20 nama yang kemungkinannya paling kuat mendampingi Ganjar. Sandiaga dengan nilai 78 persen. Sosoknya dikenal dekat dengan Jokowi, basis pemilihnya jelas, dan bisa mempresentasikan tokoh dari Indonesia Timur,” papar Ketua Koordinator Nasional GanjarCenter.id, Poempida Hidayatullah di acara diskusi publik, Rabu malam.

Sisanya, Airlangga Hartarto, Mahfud MD, TGB Muhammad Zainul Majdi dengan skoring 75 persen. Unggul satu persendengan Khofifah Indar Parawansa 76 persen dan Yenny Wahid 74 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.