Dark/Light Mode

Bursa Cawapres 2024

Erick Thohir Lebih Unggul, Sosok Yang Luwes Dan Lincah

Jumat, 16 Juni 2023 07:45 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dijelaskan Poempida, riset itu diolah dengan Artificial Intelligence (AI) dari big data yang dimiliki Ganjar Center.

Dia mengatakan, nama cawa­pres Ganjar disusun berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan pihaknya. Ketujuh nama yang muncul karena memiliki persen­tase di atas 70 persen.

Namun, Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti menilai, sepak terjang Sandiaga selama ini bisa men­jadi rekam jejak negatif.

Baca juga : Masuk Bursa Cawapres Ganjar, Pak Bas: Saya Fokus Kerja Aja

“Belum selesai jadi Wagub DKI sudah jadi cawapres Prabowo, kemudian pindah dari Gerindra ke PPP. Padahal, akan lebih baik kalau Sandiaga dicalonkan, bukan menjadi kader PPP,” urainya.

Ray menduga, elektabilitas yang dicapai Sandiaga berasal dari sumbangan pemilih Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Dikhawatirkan, setelah berlabuh ke PPP, elektabili­tasnya bakal anjlok.

Terkait Erick Thohir, Ray menyebut, Ketua Umum PSSI ini sempat disebut sebagai salah satu tokoh yang di-endorse Jokowi sebagai cawapres.

Baca juga : Puan Nyebut AHY, Demokrat Bilang Terima Kasih...

“Capresnya kan sudah Ganjar, masa cawapresnya dari PDIP juga. Tentu dari keputusan para partai koalisinya,” terangnya.

Sedangkan politisi Golkar Indra J Piliang menganalisa, cawapres Ganjar sebaiknya sosok yang punya pemahaman ekonomi dan permasalahan internasional. Dia mencontohkan Presiden Jokowi pada periode pertamanya yang memilih man­tan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla.

Menurutnya, Ganjar seperti Jokowi berangkat dari Gubernur yang merupakan perwakilan Pemerintah Pusat di daerah. Jadi memerlukan cawapres yang paham masalah ekonomi dan internasional di periode pertamanya.

Baca juga : Poles Usia Dini, Erick Thohir Undang 5 Legenda Dunia

“Sosok itu ada pada Airlangga Hartarto. Beliau Menko Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar,” katanya.

Terpisah, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indra Parawansa masih menghindar saat ditanya dalam beberapa kesempatan namanya disebut potensial sebagai cawapres di hampir semua gerbong koalisi partai.

“Apa? Ayo, lebih baik makan bakso,” jawab Khofifah mengalihkan pembicaraan dan pertanyaanwartawan di Kota Batu, Rabu (14/6). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.