Dark/Light Mode

Klaim Politisi Gerindra

Jokowi Dukung Prabowo Bukan Cuma Gimmick Lho

Minggu, 25 Juni 2023 07:50 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat menyaksikan laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom)
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri) saat menyaksikan laga FIFA Matchday Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/tom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bukan cuma gimmick. Ini diyakinkan Ketua DPP Partai Gerindra, Sudarto.

 “Pak Jokowi percaya betul kepada Pak Prabowo sebagai Menhan untuk mengurus pertahanan dan meneruskan berbagai pro­gram legacy-nya,”katanya,kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Hal ini sebagai bantahan ter­hadap pernyataan politisi senior PDI Perjuangan, Panda Nababan yang menilai, kedekatan dan sinyal dukungan Jokowi ke­pada Prabowo, hanya basa-basi. Relasi dua tokoh itu dia nilai sekadar atasan dan bawahan.

Baca juga : Kris Tjantra: Relawan Jokowi Bukan Cuma Projo

Sudarto menegaskan, kedekatan dan dukungan Jokowi justru amat nyata. Apalagi, Prabowo juga amat dekat dengananak-anak Jokowi. Baik dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming maupun adiknya, Kaesang Pangarep.

“Sering saya bilang, Pak Jokowi ini menghargai sikap ksatria dan ikhlasnya Pak Prabowo. Bertarung hebat dua kali Pilpres, bersedia membantu Pemerintahan dengan alasan kohesivitas dan persatuan anak bangsa,” tegasnya.

Dia juga melihat ikatan emo­sional lainnya. ‘Semalam saya melihat sendiri kemesraan Pak Prabowo dengan Mas Gibran di Harlah PMII Ke-63 di Surakarta. Seperti bapak dan anak,” terang­nya.

Baca juga : Cawapres Prabowo Belum Tentu Imin

Apalagi bicara dukungan akar rumput, kata Sudarto, sudah hampir tak terbendung. Berbagai kelompok elemen masyarakat mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo. Sejumlah sim­pul Relawan Jokowi kawakan, seperti Pro Jokowi (Projo) juga melabuhkan dukungan ke Prabowo.

“Pak Prabowo dan Mas Gibran disambut sholawat. Teriakan du­kungan menjadi Presiden dari kaum muda juga menggema,” tutur Bendahara Umum Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini.

Sebelumnya, Panda menilai, kedekatan dan sinyal dukungan Jokowi kepada Prabowo hanya basa-basi.

Baca juga : Perindo Dukung Pencabutan Status Pandemi Covid-19

“Iyalah basa-basi, gembira-gembiralah. Bikin orang gembira amal jariah, ya kan? Boleh dong,” kata Panda di The People’s Cafe, Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kata Panda, kedekatan keduanya sebatas atasan dan bawahan. Sebagai presiden dan menteri, tak istimewa jika keduanya kerap tampil bareng di depan publik. “Lantas disebut Pak Jokowi dengan Prabowo ada segala ma­cam (dukungan), itulah indahnya permainan,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.