Dark/Light Mode

Pemilu 2024 Berjalan Damai

Kritik Boleh, Tapi Jangan Jelek-Jelekin Calon Lain

Kamis, 20 Juli 2023 06:45 WIB
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)
Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
“Tentunya, narasi-narasi itu bisa dike­mukakan oleh posisi masing-masing,” ujarnya.

Ulama, kata dia, bisa bicara dari sudut keagamaan. Kata dia, polisi bisa bicara dari sudut keamanan, anggota KPU bisa bicara dari sudut prosedur yang benar. Sedangkan anggota Bawaslu bisa bicara dari sudut pengawasannya.

Baca juga : Pemkab Muba Komit Jaga Netralitas ASN

“Mengemukakan narasi dengan posisi masing-masing tetapi tujuannya damai, damai, damai dan Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita miliki atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa terjaga dengan baik,” jelasnya.

Pegiat Pemilu Titi Anggraini menga­takan, pemilu damai bisa diwujudkan dalam lima hal. Pertama, kerangka pemilunya mendukung. Kedua, penye­lenggara pemilu berintegritas. Ketiga, peserta pemilu kompetitif.

Baca juga : Bos Perindo Gencarkan Serangan Udara Dan Darat

“Bukan saling membenarkan perilaku melanggar, tetapi saling mengawasi kar­ena paling efektif adalah kontrol sesama peserta,” kata dia.

Keempat, pemilih berdaya dan kelima yakni penegakan hukum yang efektif. “Lima hal itu akan mewujudkan senand­ung pemilu damai,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.