Dark/Light Mode

Bermalam Di Pangandaran

Anies Mulai Godain Susi

Rabu, 26 Juli 2023 08:35 WIB
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan bersama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram Anies)
Capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan bersama mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Instagram Anies)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan tidak hanya fokus ke Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai kandidat Cawapres. Capres Koalisi Perubahan ini mulai menggoda mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk menjadi pendampingnya di Pilpres 2024.

Kemarin malam, Anies menginap di rumah Susi di Pangandaran. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun banyak menghabiskan waktu bersama Susi. Mulai dari duduk-duduk di pinggir pantai sambil melihat sunset sampai makan malam dengan hidangan laut.

Anies tiba di Pangandaran Senin sore. Sebelumnya, dia sempat tebak-tebakan dengan para followers-nya di Instagram. Senin pagi, Anies mengunggah foto duduk di kursi kereta sambil memangku kotak nasi. Dia mengajak warganet menebak nama kereta dan kota tujuannya. Anies memberi clue, dia berangkat dari Yogyakarta.

Sore harinya, Anies singgah di Kota Banjar dan mengisi perut di rumah makan Cobek Beti. Pada unggahan selanjutnya, Anies tiba-tiba sudah duduk berduaan dengan Susi. Rupanya, Anies menuju Susi International Beach Strip di Pangandaran.

Momen itu diabadikan Anies di Instagramnya. Keduanya terlihat duduk satu meja di pinggir pantai, ditemani cemilan sambil menikmati sunset. Saat itu, Anies mengenakan kemeja dengan rompi bertuliskan “Untuk Indonesia”. Sedangkan Susi yang memakai kemeja cerah. Keduanya terlihat begitu akrab.

Baca juga : Survei Indikator: Prabowo Kalahkan Ganjar dan Anies di Gen Z hingga Milenial

Puas menikmati pemandangan, Susi lantas mengajak Anies makan malam dengan hidangan laut. Keduanya pun lanjut ngobrol di ruang tamu dan terlihat bersenda gurau dengan senyum mengembang di wajah mereka.

Kehadiran Anies bukan sekedar mampir. Dia bahkan menghabiskan waktu semalaman di rumah pemilik maskapai Susi Air tersebut. Sebab, Anies baru pulang pada Selasa pagi.

Susi sempat menyuguhkan lontong sayur sebagai menu sarapan, sebelum mengantar Anies naik mobil bak terbuka ke lapangan udara miliknya. Sepanjang jalan, keduanya duduk di kursi depan dan menyetir secara bergantian.

Di bandara, pesawat rintis sudah terparkir dan siap mengantar Anies melanjutkan kegiatannya menuju Nusawiru. Di sana, Anies bertemu para relawan di Woody Villa, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Anies mengaku membicarakan banyak hal dengan Susi, karena keduanya sudah lama saling kenal. Bahkan, saking asyiknya ngobrol hingga malam, dan Anies sampai harus menginap.

Baca juga : Anies-AHY Mesra Di Lapangan Voli

Ketika disinggung mengenai potensi Susi menjadi Cawapres untuk mendampinginya, Anies tak memberikan jawaban. Dia banyak mengaku, dalam obrolan itu juga dibahas masalah politik. “Ya kita bahas soal politik juga," ucapnya, kemarin.

Tema lain yang dibahas adalah urusan lingkungan hidup, pengerukan pasir laut, pemberdayaan nelayan, perbaikan kebijakan kemaritiman, hingga cerita tentang kebijakan-kebijakan terkait dengan transportasi udara. “Karena itu wilayah beliau,” imbuhnya.

Susi juga mengakui berbincang banyak hal dengan Anies. Salah satunya soal kesibukannya membuat minyak kemiri. Soal wacana menjadi Cawapres Anies, Susi tak menjawab. Sama seperti Anies, dia mengaku, dalam pembicaraan itu juga sempat menyinggung politik.

“Soal politik sedikit. Terlalu banyak (pembicaraan), jadi lupa,” ungkap Susi, kemarin.

Pihak Demokrat berusaha tenang melihat keakraban Anies dengan Susi ini. Deputi Bappilu Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyatakan, pertemuan Anies dengan Susi adalah hal wajar. Sebab, keduanya pernah sama-sama menjadi menteri di periode pertama Presiden Jokowi.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Gula Aren di Bone

Dia tidak ingin mengaitkan pertemuan itu dengan Pilpres 2024. Kendati demikian, Kamhar menyerahkan sepenuhnya pemilihan Cawapres kepada Anies, sesuai dengan perjanjian yang diteken Partai NasDem, Demokrat, dan PKS. “Sebagaimana telah menjadi kesepakatan bersama pada piagam kerja sama tiga partai, kami serahkan sepenuhnya kepada Mas Anies,” ujar Kamhar, kemarin.

Sementara, NasDem dan PKS setuju saja jika Anies meminang Susi. “Nggak masalah, (Bu Susi) perempuan hebat," ujar Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menganggap, Susi cocok menjadi Cawapres Anies. Dia juga melihat, Susi punya chemistry tersendiri dengan Koalisi Perubahan.

Mardani menyatakan, jika Susi dirasa bisa meningkatkan elektabilitas Anies, tidak ada salahnya untuk dipinang. “(Selama) peluang menangnya lebih besar, saya yakin semua akan rasional,” ujar Mardani, kemarin.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Rabu (26/7) dengan judul “Bermalam Di Pangandaran, Anies Mulai Godain Susi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.