Dark/Light Mode

Survei SMRC: 40,6 Persen Publik Yakin Jokowi Dukung Ganjar

Kamis, 3 Agustus 2023 19:39 WIB
Pendiri SMRC Saiful Mujani saat merilis hasil survei terbarunya mengenai arah dukungan Jokowi di Pilpres 2024. (Foto: Tangkap layar YouTube SMRC TV)
Pendiri SMRC Saiful Mujani saat merilis hasil survei terbarunya mengenai arah dukungan Jokowi di Pilpres 2024. (Foto: Tangkap layar YouTube SMRC TV)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya mengenai arah dukungan Jokowi di Pilpres 2024. Hasilnya, terdapat 40,6 persen publik menilai Presiden Jokowi mendukung Ganjar Pranowo, 28,3 persen Prabowo Subianto, dan 11,9 persen Anies Baswedan

Pendiri SMRC Saiful Mujani mengatakan Capres yang didukung Jokowi berpotensi memenangkan Pilpres 2024. Sebab tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi sangat tinggi. Bahkan, temuan survei SMRC Juli 2023, 77,3 persen masyarakat luas terhadap kinerja mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Baca juga : PPP Yakin Capres Pilihan Jokowi Adalah Ganjar

“Jika penilaian publik pada Jokowi sangat positif, dan jika dia memihak pada satu calon, maka pemilih yang positif pada Jokowi akan cenderung mendukung calon-calon yang didukung olehnya,” kata Ka Ipung, sapaan akrab Saiful Mujani dalam Program ‘Bedah Politik bersama Saiful Mujani’ episode “Efek Jokowi di Pilpres 2024” yang disiarkan di kanal YouTube SMRC TV , Kamis (3/8).

Menurut Saiful, pemilih yang memiliki penilaian positif pada kinerja Jokowi kemungkinan berharap program-program yang ada dilanjutkan pada pemerintahan berikutnya. 

Baca juga : Survei NEW INDONESIA: Simulasi 2 Nama, Prabowo Ungguli Ganjar

"Siapa di antara calon presiden sekarang yang dinilai publik akan melanjutkan program kebijakan Jokowi? Dari empat nama yang diajukan dalam survei ini, ada 40 persen yang menilai Ganjar bisa melanjutkan program kebijakan Jokowi, 29,7 persen menyebut Prabowo, 15 persen Anies, dan 0,9 persen Airlangga Hartarto. Masih ada 14,4 persen yang belum menjawab," papar dia. 

Dia bilang, dalam tiga kali survei yaitu April sampai Juli 2023, penilaian bahwa Ganjar bisa melanjutkan kebijakan Jokowi tidak mengalami perubahan berarti. 

Baca juga : Survei Indikator: Pemilih Jokowi di 2019 Dukung Prabowo di 2024

"44,5 persen di April-Mei, 36,3 persen Mei, dan 40 persen di Juli 2023. Sementara penilaian bahwa Prabowo bisa melanjutkan kebijakan Jokowi sedikit menguat dari 25 persen di April-Mei, menjadi 27,9 persen Mei, dan 29,7 persen di Juli 2023," tutup dia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.