Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Tak Terpengaruh PSI Yang Mendekat Ke Prabowo, PPP Tetap Solid Dukung Ganjar

Kamis, 3 Agustus 2023 23:48 WIB
Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan PPP, Achmad Baidowi. (Foto: Instagram/achbaidowi_awiek)
Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan PPP, Achmad Baidowi. (Foto: Instagram/achbaidowi_awiek)

RM.id  Rakyat Merdeka - Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi, menegaskan bahwa koalisi pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo tetap solid dan tidak terpengaruh oleh isu beralihnya dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ke Prabowo Subianto.

"Tanpa PSI, tidak ada masalah. Dengan koalisi yang ada, kami sudah bisa mengusung pasangan calon," kata Achmad Baidowi, dilansir Antara, Kamis (3/8).

Untuk diketahui, hingga saat ini partai politik yang masih solid mendukung Ganjar antara lain PDI Perjuangan, PPP, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). 

Namun, ia juga menyatakan bahwa ada beberapa partai lain, seperti Partai Amanat Nasional (PAN), Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Demokrat yang masih dalam tahap penjajakan untuk bergabung dengan koalisi.

Baca juga : Survei SMRC: 40,6 Persen Publik Yakin Jokowi Dukung Ganjar

"Kalau partai lain seperti PSI tidak mau bergabung, ya, bagaimana lagi. Kami tetap jalan dan kami tidak terpengaruh," lanjutnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie sudah menyatakan siap di garda terdepan mendukung Ganjar sebagai capres 2024. 

Karena menurutnya, kepemimpinan nasional membutuhkan sosok yang kompeten dan berintegritas. Bukan sosok medioker.

Akan tetapi, setelah Prabowo bertandang ke Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/8) lalu, Grace mulai menunjukkan gelagat yang berbeda. Ia malah mengatakan partainya punya kesamaan visi dengan Prabowo. 

Baca juga : Ganjar Dan Prabowo Bersaing, Tapi Pelukan

"Jadi perbincangannya hangat, serius tapi santai, saling berbagi visi, dan ada kesamaan yang saya temukan dari PSI dan Pak Prabowo," kata Grace usai menerima kunjungan Prabowo dan rombongan Partai Gerindra.

Prabowo blak-blakan mengaku mengajak PSI untuk bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). 

"Oh, iya. Kami tentunya ingin mengajak semua kekuatan merah putih, semua kekuatan Indonesia untuk bekerja sama," kata Prabowo.

Politikus PSI Ade Armando mengungkapkan alasan partainya membuka pintu kepada Prabowo.

Baca juga : Gebrakan Silmy Didukung Presiden

"Ketika PSI mendukung Ganjar sebagai Capres, kami diludahi PDIP. Sekarang Prabowo datang ke markas PSI, ya pasti kami terima dengan bersahabat," tulis Ade Armando di akun Twitter-nya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.