Dark/Light Mode

Jelang Putusan MK Soal Usia Cawapres

Duet Prabowo-Gibran Dibunyikan Di Golkar

Kamis, 3 Agustus 2023 08:14 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat bertemu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia Capres-Cawapres, dukungan untuk Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka maju di Pilpres 2024 kembali ramai disuarakan. Bahkan, di Golkar sudah dibunyikan duet Prabowo Subianto dengan Gibran.

Saat ini, gugatan soal batas usia Capres-Cawapres masih dalam persidangan di MK. Yang diujinya adalah Pasal 169 Huruf q Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Yang mengajukan gugatan adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Pasal ini mengatur batas minimal Capres-Cawapres minimal 40 tahun. Sedangkan PSI ingin menurunkan batas itu menjadi minimal 35 tahun.

Selasa (1/8), MK menggelar sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan dari DPR dan Pemerintah. Dalam sidang itu, baik DPR maupun perwakilan Pemerintah, menyiratkan setuju saja jika MK menurunkan batas usia Capres-Cawapres ini. Jika MK mengabulkan gugatan ini, Gibran, yang saat ini baru berusia 35 tahun, bisa maju di Pilpres 2024.

Sebelum putusan MK keluar, dukungan kepada Gibran untuk maju di Pilpres 2024 sudah ramai. Bahkan, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Golkar, Nusron Wahid sudah mewacanakan duet Prabowo-Gibran.

Nusron menerangkan, Golkar akan mempertimbangkan semua usulan dan masukan mengenai Capres-Cawapres di 2024. Untuk Capres, DPD-DPD I Golkar se-Indonesia cenderung mendukung Prabowo. Untuk Cawapresnya, Nusron punya jagoan, yaitu Gibran.

Baca juga : Gugatan Batas Usia Cawapres Dipermasalahkan, Partai Garuda: Apa Yang Dilanggar?

“Kalau misal usulan DPD dan usulan saya dijahit dan diramu, bagus, Prabowo-Gibran. Ini juga ideal," kata Nusron, kemarin.

Namun, Nusron sadar, keputusan tidak bisa diambil olehnya. Hasil Rakernas mengamanatkan, keputusan pengusungan Capres-Cawapres dipercayakan kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Saat ini, kata Nusron, semua usulan yang masuk ditampung oleh Golkar, untuk kemudian diserahkan kepada Airlangga. “Nanti akan diputuskan sama Ketum Golkar," imbuhnya.

Ketua DPP Golkar Dave Laksono juga menyatakan, keputusan penentuan Capres-Cawapres dari Golkar diserahkan kepada Airlangga. Kader-kader Golkar sudah mempercayakan kepada Airlangga untuk melakukan lobi-lobi dalam penentuan Capres-Cawapres tersebut.

"Seperti yang tertera (hasil Rakernas), semua berpulang kepada keputusan Ketum AH (Airlangga Hartarto). Jadi, kita serahkan ke beliau," ucap Dave, kemarin.

Baca juga : Belum Lirik Cawapres, Hanura Fokus Menangkan Ganjar

Gibran sendiri, sebelumnya sudah menyatakan, tidak memikirkan gugatan batas usia Capres-Cawapres yang diajukan PSI ke MK tersebut. “Saya nggak mikir ke situ,” kata putra sulung Presiden Jokowi tersebut, 24 Mei lalu.

Meski begitu, Gibran tampak membuka diri jika gugatan itu dikabulkan. Kata dia, semua tergantung dari keinginan Masyarakat. "Ya tergantung warga lah ya. Nek (kalau) misal umur muda-muda dipilih, ya tergantung warga. Aku ora (tidak) mengikuti beritane (beritanya)," ucapnya.

Dari sisi Prabowo, akhir-akhir ini nampak terus “mepet” Gibran. Keduanya sering ketemu, baik secara khusus maupun di acara formal. Salah satunya, Prabowo dan Gibran bertemu peringatan Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), di Solo, 23 Juni lalu.

Saat itu, keduanya tampak mesra. Di acara, keduanya duduk bersebelahan.

Setelah pidato dan sebelum pulang, Subianto pamit ke Gibran sambil merangkul, dengan disaksikan ribuan kader PMII yang hadir. 

Baca juga : Erick Pasang Foto Semeja Bareng Prabowo, Ganjar Dan Gibran, Netizen: Mantap

“Saya ingin pamit Saudara-saudara. Ini pemimpin hari ini dan pemimpin masa depan. Terima kasih," kata Prabowo, sambil merangkul Gibran.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Kamis (3/8), dengan judul “Jelang Putusan MK Soal Usia Cawapres, Duet Prabowo-Gibran Dibunyikan Di Golkar”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.