Dark/Light Mode

Jika MK Kabulkan Gugatan Batas Usia Capres Cawapres

Gibran, Emil Dan Nadiem Bisa Ubah Peta Koalisi

Kamis, 10 Agustus 2023 07:40 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (Foto: kemenpora.go.id)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (Foto: kemenpora.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika gugatan persyaratan usia minimal Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres dan Cawapres) ke Mahkamah Konstitusi (MK) dikabulkan, banyak tokoh muda yang potensial saat ini bisa dipertimbangkan ikut berpartisipasi.

Kader muda Partai Golkar yang kini menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo setuju syarat usia minimal Capres Cawapres 35 tahun.

"Saya setuju kembali ke syarat usia 35 tahun. Ini bukan baru ya. Tapi mengembalikan, dulu aturannya begitu," kata Dito saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : MA Korting Hukuman Putri Candrawathi, Dari 20 Tahun Jadi 10 Tahun Penjara

Menurutnya, jika syarat usia minimal Capres Cawapres turun, Dito yakin ini akan memicu partai politik untuk membenahi sistem kaderisasi mereka. Partai politik mau tidak mau menyiap­kan kader muda dengan matang. Ada keharusan juga partai fokus memberi pendidikan politik.

"Kalau usia berkurang, bagi partai yang tidak bisa mengelola kader mudanya, kalah dengan yang menyiapkan kader muda dengan baik," katanya.

Mantan Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) ini menilai, gugatan batas usia Capres Cawapres ke MK momentumnya tepat. Sebab, pemilih pemula dari generasi milenial dan Z saat ini jumlahnya mayoritas.

Baca juga : Milenial Gugat Persyaratan Usia Minimal Capres-Cawapres

Apalagi, trennya saat ini terjadi demoralisasi partai di masyarakat. Kini, ketua umum partai yang kebanyakan senior, agak susah menjadi kandidat di Pilpres.

Terlebih, politik hari ini denganterbukanya akses informa­si, bukan proses setengah kamar. Semua transparan dan terbuka.

Banyak kader muda yang ber­prestasi lebih dilirik. Oleh kare­nanya, partai harus menggen­carkan kader muda yang paham digital.

Baca juga : Sahroni: Batas Minimal Usia Capres Cawapres 35 Tahun Tak Masalah

"Banyak anak muda di sektor ekonomi, bisnis, politik, yang berprestasi. Menteri Pendidikan Mas Nadiem Makarim, miliader, pemilik usaha besar, usianya 39. Di level kepala daerah ada Mas Emil Dardak yang juga 39 ta­hun, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming 35 tahun. Ini bisa jadi game changer (penentu peta koalisi Pilpres-red)," jelas Dito.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.