Dark/Light Mode

Bidik 18 Kursi DPR Dan 26 Kursi DPRD

PDIP Jabar Mau Ulang Kejayaan Pileg 2014

Rabu, 16 Agustus 2023 07:45 WIB
Ketua DPD PDIP Provinsi Jabar Ono Surono. (Foro: Dok. PDIP Jabar)
Ketua DPD PDIP Provinsi Jabar Ono Surono. (Foro: Dok. PDIP Jabar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Jawa Barat (Jabar) bertekad mengulang kemenangan Pemilu Legilatif (Pileg) 2014. Pasalnya, raihan kursi Dewan di Pileg 2024 akan menentukan kesiapan banteng menghadapi Pilkada mendatang.

Ketua DPD PDIP Provinsi Jabar Ono Surono mengatakan, pihaknya telah menetapkan terget kursi di Pileg mendatang.

Menurut dia, DPD PDIP Provinsi Jabar membidik 18 kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan 26 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jabar.

“Target kursi DPR se-Jawa Barat sama seperti hasil perolehanPemilu 2014. Di DPRD tingkat provinsi, naik enam kursi dari hasil Pileg 2019,” ujar Ono kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Ketua Golkar Bekasi Siap Maju Di Pilkada

Lebih lanjut, dia mengatakan, seluruh kader PDIP di Jabar solid dan siap bekerja keras mencapai target tersebut. Bahkan, kader PDIP di daerah pemilihan (dapil) VIII Jabar, optimistis meraih banyak kursi.

Ono mengatakan, pihaknya mendapat bocoran dari sejumlah lembaga survei tentang kekuatan PDIP di Indramayu dan Cirebon. Di daerah tersebut, mesin partai sangat prima, dan berpotensi meraup banyak kursi.

Tingkat keterpilihan PDIP di Dapil Jabar VIII dan Dapil Jabar XII, mencapai 35,3 persen. Angka tersebut melesat jauh di atas partai lain, sehingga PDIP berpotensi meraih empat kursi DPR dan lima kursi DPRD Provinsi.

Disinggung soal figur yang akan dicalonkan DPD PDIP Provinsi Jabar pada Pilkada 2024, Ono mengatakan, hal tersebut akan diputuskan setelah Pileg. Saat ini, pihaknya fokus me­menangkan Pileg dan Pilpres mendatang.

Baca juga : Buka Bimtek DPW Jabar, Mardiono: Optimis Kembalikan Kejayaan PPP

“Soal calon kepala daerah, itu urusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sekarang, kami fokus menang Pileg dan Pilpres dulu,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Provinsi Jabar Heru Suandharu menegaskan, pihaknya bertekad melipatgandakan perolehan kursi Dewan di Pileg mendatang.

Dia berharap, warga Jabar tetap mendukung dan manaruhkepercayaan kepada PKS Provinsi Jabar.

“Saat ini, PKS memiliki 21 kursi di DPRD Provinsi Jabar. Target minimal kami di Pileg 2024 bisa bertambah dua kali lipat. Mudah-mudahan, masyarakat percaya dan menitipkan aspirasinya kepada PKS Jabar,” ujarnya.

Baca juga : ASDP Dan Tim Gabungan Berhasil Padamkan Kebakaran KMP Royce 1

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 16/8/2023 dengan judul Bidik 18 Kursi DPR Dan 26 Kursi DPRD, PDIP Jabar Mau Ulang Kejayaan Pileg 2014

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.