Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Ganjar dan Anies Paslon yang Saling Melengkapi

Selasa, 22 Agustus 2023 09:56 WIB
Momen kebersamaan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan (Foto: Istimewa)
Momen kebersamaan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menanggapi wacana menduetkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Pilpres 2024. Menurutnya, kedua tokoh ini bisa menjadi paslon yang saling melengkapi.

"Menduetkan keduanya sebagai upaya untuk saling melengkapi, sehingga Ganjar dan Anies seperti pasangan yang ideal," kata Bawono, Selasa (22/8).

Bawono juga menyebut, karakteristik Ganjar dan Anies memiliki kecocokan. Sebab, keduanya sama-sama berlatar belakang kepala daerah, Ganjar memimpin Jawa Tengah dan Anies memimpin DKI Jakarta.

Baca juga : Pangi Syarwi Chaniago: Prabowo Dan Gibran Saling Melengkapi

"Ganjar dan Anies memiliki pengalaman dalam memimpin daerah. Apabila berduet, saling melengkapi satu sama lain," jelas dia.

Sebelumnya, wacana menduetkan Ganjar dan Anies berhembus dari pernyataan Ketua DPP PDIP Said Abdullah saat menanggapi hasil survei yang dirilis Litbang Kompas. Dalam survei tersebut, elektabilitas Ganjar berada di atas Anies. Namun, Said menilai Anies bukan kompetitor. Dia lantas bicara kalau keduanya dapat bergabung menjadi satu kekuatan di 2024.

"Bagi kami, Anies Baswedan bukan kompetitor yang patut diremehkan. Beliau dengan Ganjar adalah sosok calon pemimpin yang cerdas. Keduanya sama sama dalam satu almamater, kampus terhebat di Indonesia, yakni Universitas Gajah Mada. Apalagi jika keduanya bisa bergabung menjadi satu kekuatan, tentu akan makin bagus buat masa depan kepemimpinan nasional kita ke depan, sama sama masih muda, cerdas, dan enerjik," ujarnya, Senin (22/8).

Baca juga : Orang Muda Ganjar Jambi Adakan Berbagai Perlombaan Dalam Meriahkan HUT Ke-78 RI

Kode-kode bersatunya Ganjar dan Anies pun sudah pernah dilontarkan beberapa waktu yang lalu. Kode tersebut bahkan disampaikan sendiri oleh Ganjar saat bertemu Anies saat keduanya tampil satu panggung mengisi acara di kawasan Kuningan, Jakarta, 29 Juli 2023.

Saat bertemu, Ganjar dan Anies bersalaman. Sambil berkelakar, Ganjar melontarkan pertanyaan kepada awak media, "Kita cocok, enggak?"

Saat menjadi pembicara, Ganjar mengungkit cerita persahabatanya dengan Anies sejak di Yogyakarta. Ia menyatakan telah bersahabat lama dengan Anies. "Mas Anies itu sahabat lama saya," ujar Ganjar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.