Dark/Light Mode

Marwan Zainuddin: Cak Imin Pelengkap untuk Mendongkrak Elektabilitas Anies

Jumat, 1 September 2023 19:03 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Presidium Relawan Gerakan Biru Kuning (GBK) Marwan Zainuddin menyambut baik langkah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menduetkan Anies Baswedan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) pada Pilpres 2024.

Dia menilai, duet Anies dan Cak Imin sebagai duet yang sangat strategis. Cak Imin dari sisi basis massa dan partai menjadi pelengkap untuk mendongkrak elektabilitas Anies.

Marwan mengatakan, Cak Imin adalah Ketua PKB, partai yang punya basis Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia.

"Dengan demikian, duet Anies-Cak Imin bisa menarik suara dari pemilih NU, yang sebagian besar berada di Jawa,” ujar Marwan kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/9).

Baca juga : Herzaky Jamin Politisi Muda Demokrat Berkualitas

Merujuk pada survei terbaru PolMark Research Center (PRC)-PolMark Indonesia menunjukkan elektabilitas Cak Imin sudah melesat.

Dalam survei terbaru mereka, elektabilitas politikus berusia 56 tahun tersebut mencapai 4,8 persen.

Untuk wilayah Jawa Timur, lanjut Marwan, Cak Imin menempati posisi teratas dalam daftar cawapres pilihan masyarakat dengan angka 11,5 persen, jauh di atas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 5,8 persen.

Kemudian, jika merujuk rekapitulasi hasil pemilu 1999-2019, Cak Imin dengan gerbong PKB rata-rata perolehan suaranya adalah 11,07 juta atau 9,05 persen.

Baca juga : Elektabilitas Ganjar Rebound!

Perolehan suara terbesar tercatat pada pemilu 2019 yakni 13,57 juta atau 9,69 persen sementara terendah pada pemilu 2009 yani 5,15 juta atau 4,94 persen.

Tak hanya itu, Anies-Cak Imin memiliki kesamaan lain, yakni berangkat dari aktivis mahasiswa. Tentunya, kata dia, keduanya memiliki nilai-nilai perjuangan yang diembannya.

"Di tangan mereka berdua saya yakin reformasi dapat dituntaskan," kata Marwan.

Marwan mengatakan, selain berangkat dari aktivis, kedua pasangan tersebut adalah pasangan yang serasi. Mereka berdua merepresentasikan nasionalis religius.

Baca juga : Elektabilitas Ganjar Bangkit!

“Saya melihat Anis Cak Imin adalah pasangan serasi yang merepresentasikan nasionalis religius. Dan ini sangat didambakan oleh rakyat Indonesia," bebernya. 

Selain itu, Marwan menuturkan, GBK yang mayoritas digerakkan oleh aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) akan memenangkan Anies-Cak Imin di Pilpres 2024.

"Cak Imin adalah mantan Ketum PB PMII dan saat ini adalah kader terbaik yang ikut kontestasi di Pilpres 2024. Adalah para alumni PMII siap turun memenangkan pasangan Anies dan Cak Imin," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.