Dark/Light Mode

Sukseskan Pemilu Berkualitas

KJRI Cape Town Fasilitasi Pelantikan, Sosialisasi & Pembekalan Panwaslu LN

Senin, 4 September 2023 12:53 WIB
Konjen Cape Town, Tudiono (kanan). (Foto: Istimewa)
Konjen Cape Town, Tudiono (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) membentuk Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) di tiga kota di Afrika, yaitu di Cape Town, Pretoria (Afrika Selatan), dan Windhoek (Namibia). Hal itu dilakukan untuk mendukung tahap pelaksanaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemilu Luar Negeri di kawasan Afrika.

Konjen Cape Town, Tudiono, menyampaikan bahwa KJRI Cape Town menjadi "host" pelantikan dan pembekalan tiga anggota Panwaslu LN wilayah akreditasi KJRI Cape Town, KBRI Pretoria, dan KBRI Windhoek. Pelantikan dilakukan secara daring dari KBRI Manila oleh anggota Bawaslu, Puadi, bersamaan dengan pelantikan anggota Panwaslu Manila, Jeddah, dan Dili.

“Guna mendukung suksesnya Pemilihan Umum Luar Negeri, KJRI Cape Town telah memfasilitasi serangkaian kegiatan terkait, yaitu pelantikan anggota Panwaslu LN terpilih, sosialisasi kepada masyarakat, dan pembekalan bagi anggota Panwaslu LN,” ungkap Tudiono, dalam keterangan yang diterima redaksi, Senin (4/9).

Baca juga : Tingkatkan Inklusi Keuangan Kalangan Disabilitas, BNI Perkuat Sosialisasi

Dalam sambutan pengantar sosialisasi, Tudiono menyampaikan, untuk persiapan Pemilu 2024, Cape Town telah memiliki Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang direkrut berdasarkan peraturan dan perundangan yang berlaku.

“PPLN Cape Town sejauh ini telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 125 WNI di Cape Town dan beberapa kota lainnya,” ujar Tudiono.

Tudiono menjelaskan, pemungutan suara akan dilakukan dengan Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di KJRI Cape Town, Kotak Suara Keliling (KSK) yang akan dikonsentrasikan di Pelabuhan Cape Town untuk ABK WNI, dan melalui pengiriman pos untuk menjangkau masyarakat Indonesia di luar kota Cape Town. Rencana waktu pemungutan suara adalah pada 4 Februari 2023 untuk KSK dan 10 Februari 2023 untuk TPSLN.

Baca juga : Sandination Buka Dialog Peran Pemuda Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Dalam acara pelantikan tersebut, hadir juga Deputi Bidang Dukungan Teknis Bawaslu, La Bayoni, Hengky Pramono selaku Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum beserta Staf Bawaslu, dan Azis Nurwahyudi selaku Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Luar Negeri.

La Bayoni menyampaikan, untuk Pemilu 2024, Bawaslu telah membentuk 61 Panwaslu di Luar Negeri. Sementara, dalam pemilu sebelumnya hanya 32 Panwaslu Luar Negeri. Panwaslu dibentuk di Perwakilan yang banyak WNI dan mempertimbangkan perwakilan kawasan. Kenaikan ini diharapkan semakin memperkuat pengawasan dalam rangka mewujudkan Pemilu yang semakin berkualitas.

“Pembentukan Panwaslu dimaksudkan untuk mengawal agar penyelenggaraan Pemilu berkualitas, melakukan pengawasan berbagai tahapan pemilu mulai dari daftar pemilih, distribusi logistik, netralitas aparat, melaporkan jika terjadi pelanggaran, dan mengkomunikasikan ke PPLN dan Perwakilan RI,” ungkap La Bayoni.

Baca juga : Di Depan Menlu Swedia, Dubes Kama Tegaskan, Indonesia Kutuk Pembakaran Quran

Kegiatan sosialisasi diikuti lebih dari 100 warga negara Indonesia di Cape Town yang antusias mengikuti jalannya acara. Seluruh anggota Panwaslu LN dari Cape Town, Pretoria dan Windhoek yang dilantik juga mendapat pembekalan secara daring dari Anggota Bawaslu Puadi, dan Herwyn JH Malonda, antara lain mengenai tugas, wewenang, dan peraturan dan perundangan terkait dengan pengawasan Pemilu.

Mengakhiri diskusi dalam acara sosialisasi, Konjen RI Cape Town mengharapkan Panwaslu Luar Negeri dapat bekerja maksimal dalam koridor peraturan perundang-undangan. KJRI mendukung penuh dan siap bekerja sama untuk suksesnya Pemilu berkualitas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.