Dark/Light Mode

Tingkatkan Inklusi Keuangan Kalangan Disabilitas, BNI Perkuat Sosialisasi

Jumat, 18 Agustus 2023 14:41 WIB
Karyawan BNI memberikan penjelasan kepada para penyandang disabilitas di depan mobil ATM BNI. BNI telah melakukan langkah­-langkah da­lam pemenuhan hak­ para pe­nyandang disabilitas dalam jasa layanan keuangan perseroan/Dok BNI
Karyawan BNI memberikan penjelasan kepada para penyandang disabilitas di depan mobil ATM BNI. BNI telah melakukan langkah­-langkah da­lam pemenuhan hak­ para pe­nyandang disabilitas dalam jasa layanan keuangan perseroan/Dok BNI

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus memberikan perhatian khusus kepada para penyandang disabilitas untuk dapat memanfaatkan produk layanan perbankan.

Perhatian khusus itu antara lain diberikan melalui  upaya proaktif BNI dalam program Edukasi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BNI yang menjadi salah satu narasumber dalam program tersebut, menyampaikan informasi seputar produk dan layanan BNI Ramah Disabilitas.

Sebagai wujud partisipasi BNI dalam memberikan kemudahan akses perbankan bagi para penyandang disabilitas, BNI juga memberikan tabungan Taplus kepada 3 penyandang disabilitas terpilih.

Acara ini hadiri secara langsung Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Pepen Nazaruddin, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia dan Direktur Network & Services BNI Ronny Venir.

Baca juga : Genjot Inklusi Keuangan Kalangan Disabilitas, BNI Perkuat Sosialisasi

Friderica mengatakan, momentum acara ini sangat baik agar kita mampu meningkatkan akses keuangan dan produk jasa keuangan kepada para saudara disabilitas.

"Ayo, ini tugas kita bersama BNI dan lembaga jasa keuangan lain. Kita harus bisa membantu para saudara kita untuk mendapat akses kepemilikan rekening hingga produk jasa keuangan lain, seperti asuransi dan pembiayaan untuk kebutuhan penguatan usahanya," katanya.

Ronny Venir mengatakan, sebagai salah satu bank milik negara, BNI dituntut untuk dapat memberikan edukasi dan literasi finansial kepada masyarakat serta informasi terkait kemudahan dalam mengakses produk dan layanan perbankan.

Selain memberikan kemudahan dalam pembukaan rekening, BNI juga membuka peluang bagi para penyandang disabilitas agar dapat bergabung menjadi BNI Agen 46 dengan berbagai benefit yang bisa didapatkan.

Hal ini sejalan dengan ketentuan OJK tentang peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor Jasa Keuangan bagi konsumen dan masyarakat.

Baca juga : Tinjau Rencana Pengembangan Pulau Rempang, Bahlil: Kita Cari Solusi Terbaik

“Kami sangat bangga karena diberikan kesempatan oleh OJK dalam perogram peningkatan inklusi dan literasi keuangan bagi para penyandang disabilitas ini. BNI berkomitmen menjadi bank yang memberikan layanan prima bagi para penyandang disabilitas,” ungkapnya.

Ronny melanjutkan, BNI telah melakukan langkah-langkah dalam pemenuhan hak-hak para penyandang disabilitas dalam jasa layanan keuangan perseroan.

BNI telah menyediakan sarana mesin ATM ramah disabilitas yang dilengkapi headphone dan tombol dengan huruf braile, sehingga dapat digunakan oleh nasabah penyandang tuna netra untuk bertransaksi.

Layar dari mesin ATM tidak akan menampilkan apapun demi keamanan transaksi tersebut. Tentunya, akan ada petugas BNI yang mendampingi nasabah tersebut hingga transaksi selesai dilakukan oleh nasabah.

Selanjutnya, jalan akses menuju Banking Hall atau Galeri ATM telah disiapkan agar dapat dilalui para penyandang disabilitas pengguna kursi roda.

Baca juga : Prabowo Bangga Diperkuat Dua Partai Bersejarah

Ronny mengatakan, hal tersebut dilakukan oleh BNI sebagai bentuk komitmen dan aksi nyata yang manfaatnya dapat dirasakan oleh penyadang disabilitas.

"Kami juga akan terus memperkuat peran penyadang disabilitas sebagai agen perubahan melalui penghilangan hambatan dan kesempatan untuk berpartisipasi mewujudkan kemandirian dan membangun kepedulian bagi para penyandang disabilitas di Indonesia," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.