Dark/Light Mode

Ucapkan Selamat Ke Anies-Imin, AHY Berjiwa Besar

Selasa, 5 September 2023 08:58 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam konferensi pers, di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta, Senin (4/9). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dalam konferensi pers, di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta, Senin (4/9). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY berjiwa besar dalam menghadapi kenyataan gagal menjadi Cawapres Anies Baswedan. Dia tak dendam. AHY justru memberikan ucapan selamat dan mendoakan Anies dan Muhaimin Iskandar alias Imin bisa sukses di Pilpres nanti.

Sikap AHY yang berbesar hati tergambar saat dirinya melakukan konferensi pers, di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta, kemarin. Sebelum konferensi pers ini, AHY mengumpulkan seluruh pengurus DPP dan pengurus daerah untuk berunding menentukan nasib Demokrat di Pilpres 2024

Sejak pukul 10.00 WIB, Kantor DPP Demokrat telah dipadati para kader. Mereka datang dari berbagai daerah dengan mengenakan seragam biru berlogo bintang mercy di dada. Tepat pukul 11.00 WIB, mereka berkumpul di suatu ruangan untuk melakukan pertemuan dengan AHY. Pertemuan itu dilakukan secara tertutup.

Dua jam berselang, AHY keluar dari ruangan pertemuan tersebut. Dengan diiringi para petinggi Demokrat, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menuju ke pelataran Kantor Demokrat untuk berbicara di depan pers.

AHY bicara di podium dengan menghadap kepada wartawan. Di belakangnya, berbaris para petinggi Demokrat.

AHY bicara panjang lebar. Mulai dari memaafkan pihak-pihak yang telah mengkhianati partainya, hingga mendoakan duet Anies-Imin sukses.

Baca juga : AHY Ucapkan Selamat Ke Anies-Imin: Semoga Sukses

"Pertama, tentu dengan memberi maaf kepada siapa pun yang menyakiti kita, baik secara langsung maupun tidak langsung. Semoga kita semua bisa memaafkan walaupun tidak begitu saja melupakan," kata AHY, mengawali keterangan persnya. 

Dia juga sadar tidak sempurna. Masih banyak kekurangan. Karenanya, ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada pihak yang merasa tersakiti. "Mari kita buka lembaran baru ke depan, kita harus segera move on," ajaknya.

AHY berharap, ke depannya tidak ada lagi kata maaf yang keluar dari mulutnya hanya karena persoalan dinamika politik. Sebab, permintaan maaf akan bernilai murah jika ditujukan untuk menutupi pengingkaran atas sebuah komitmen.

Dia lalu mengucapkan selamat kepada Anies-Imin yang telah melakukan deklarasi menjadi Capres-Cawapres. "Semoga sukses,” ucap AHY.

Mengenai arah politik Demokrat setelah “cerai” dengan Anies, AHY bilang, akan berikhtiar untuk bergabung dengan koalisi lain yang memiliki kesamaan cara pandang, visi kebangsaan, dan etika politik.

“Mari kita songsong perjalanan politik yang baru, dengan hati yang bersih, niat yang baik, cara yang baik, dan tujuan yang baik,” ucapnya.

Baca juga : Ganjar Bacapres Pertama Yang Ucapkan Selamat Untuk Duet Anies-Cak Imin

Sikap AHY yang berbesar hati ini dipuji Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Terutama saat mendoakan Anies dan Imin. Dia pun mendoakan balik, agar AHY juga sukses.

"Terima kasih Mas AHY, kami aminkan doanya. Semoga kita sama-sama sukses. Mari kita jaga terus tali persahabatan meskipun terkadang beda sikap dan pilihan," ucap Jazil, kemarin. 

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyatakan hal yang sama. Daniel pun mengungkapkan, PKB dan Demokrat punya kenangan indah saat sama-sama berjuang memenangkan SBY di Pilpres 2004 dan 2009.

"Terima kasih, doa kami juga untuk Demokrat dan Mas AHY. Bagaimanapun, dulu kita pernah bareng. Siapa tahu di depan juga masih terbuka luas untuk saling bekerja sama. Silaturahmi antar-partai harus terus terjaga meskipun berbeda pilihan dan koalisi saat ini," tutur Daniel, kemarin. 

Juru Bicara Anies, Sudirman Said menilai, sikap memaafkan dan mengajak seluruh kader untuk move on menandakan pengetahuan politik AHY telah matang. Dia pun mengaku salut dengan sikap AHY ini.

"Saya menyimak pernyataan Mas AHY dengan seksama. Kita patut mengapresiasi sikap dan kematangan Mas AHY dalam menghadapi suasana yang tidak mudah ini," ucap Sudirman, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Presiden PKS Tak Ikut Deklarasi Anies-Imin, Diwakili Sekjen

Di dunia maya, pujian terhadap AHY juga ikut menggema. "Mas Ketum keren bangat," tulis @ajengcute16__. "Gitu dong. Harus dewasa menghadapi dinamika politik. Orang-orang Demokrat juga harus ikut ketumnya yang berjiwa besar. Jangan ngamuk-ngamuk lagi yah," timpal @Fahri_Palu

Ada juga yang mendoakan AHY tetap bisa menjadi Cawapres. Peluangnya masih ada, salah satunya berkoalisi dengan PDIP. "Semoga Mas AHY segera juga dipinang sebagai Cawapresnya Pak Ganjar Pranowo," tulis @idhumhi

Sementara, akun @cicit_indrati berharap AHY meniti kariernya secara bertahap. "AHY for DKI-1. Bertahap menguji kepemimpinan," tulisnya.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Selasa (5/9), dengan judul “Ucapkan Selamat Ke Anies-Imin, AHY Berjiwa Besar”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.