Dark/Light Mode

Gunakan Hak Pilih Sesuai Hati Nurani

Wapres Ingatkan Warga Tak Terjebak ‘Wani Piro’

Selasa, 12 September 2023 06:45 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (Foto: Antara)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat diingatkan tidak apatis dan terjebak pada “wani piro” atau politik uang pada Pemilu 2024. Gunakan hak pilih sesuai hati nurani.

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, pemilu memiliki banyak di­namika. Antara lain, perbedaan pendapat antarpendukung calon pemimpin, hingga beredarnya informasi tidak benar (hoaks) di masyarakat.

Baca juga : Minta Hukum Mati Oknum Paspampres Yang Aniaya Warga, Panglima TNI Banjir Pujian

“Suksesnya pemilu itu berarti dalam rangka memberikan legitimasi terhadap kepemimpinan nasional, itu kewajiban kita. Jadi, masyarakat jangan sampai tidak ikut (memilih), tidak ikut mengambil peran,” ujar Ma’ruf, kemarin.

Menurutnya, penggunaan hak pilih penting untuk menghindari adanya go­longan putih (golput). Suara masyarakat merupakan penentu jalannya roda pemerintahan dan kemajuan Indonesia ke depan.

Baca juga : Kata Puan, Mega Tak Akan One Man Show

“Karena itu menentukan nasib bangsa ini selama 5 tahun ya. Pokoknya jangan sampai apatis,” tandasnya.

Sang Kiai juga memaparkan peran lain yang dapat dilakukan masyarakat dalam upaya mensukseskan pemilu. Yakni, dengan tidak turut tenggelam dalam po­tensi praktik-praktik ketidakjujuran yang mungkin terjadi saat kampanye.

Baca juga : Ingat, Gas Melon Buat Warga Kurang Mampu

“Jangan sampai terjerumus kepa­da wani piro. Tetapi benar-benar dari hati yang murni memilih pemimpin yang terbaik, karena itu kewajiban kita,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja mengajak kaum milenial tidak apa­tis terhadap pemilu dan politik. Apalagi, kaum milenial menjadi pemilih terbanyak di Pemilu 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.