Dark/Light Mode

PDIP Pastikan Komunikasi Dengan Ridwan Kamil Tetap Berjalan

Rabu, 20 September 2023 14:38 WIB
Ridwan Kamil dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memegang patung Bung Karno di GOR  Taman Saparua, Bandung, Sabtu (28/6). (Foto: Ist)
Ridwan Kamil dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memegang patung Bung Karno di GOR Taman Saparua, Bandung, Sabtu (28/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memastikan, komunikasi partainya dengan Ridwan Kamil tetap berjalan, meski eks Gubernur Jawa Barat tersebut telah dicoret dari daftar calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 mendatang.

"Ya, komunikasi tetap dilakukan karena kan multilevel. Apalagi, Pak RK adalah sosok yang menempatkan benang merah perjuangan Bung Karno,” kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Selasa (19/9).

Menurutnya, RK dan PDIP sendiri memiliki kedekatan yang sangat dekat. Hal itu tergambar dari pembangunan Patung Bung Karno di Kota Bandung, Jawa Barat.

”Jadi, setelah ini kan masih ada progres, ada peresmian, komunikasi tentu saja masih akan tetap dijalankan,” ujarnya.

Baca juga : UNPERBA Dapat Bantuan 100 Komputer dari DGB Bank Korsel, Bamsoet Beri Pujian

Soal nama-nama yang sudah tidak mungkin dan masih mungkin mendampingi Ganjar, lanjut Hasto, hal itu disampaikan Puan berdasarkan dinamika dan perkembangan peta politik terkini.

Menurut Hasto, PDIP sangat menghormati etika politik. Termasuk keputusan Partai Golkar berada di Koalisi Indonesia Maju.

”Kalau partai itu sudah menyatakan dukungannya kepada capres tertentu, otomatis ya secara etika politik harus dihormati oleh PDI Perjuangan. Dan Pak Ridwan Kamil kan merupakan bagian dari Partai Golkar yang sudah mendorong calon presiden yaitu Bapak Prabowo,” tuturnya. 

Namun demikian, Hasto menegaskan, nama cawapres untuk Ganjar tetap bakal diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum PDIP.

Baca juga : Dendam Pada Kemiskinan, Ganjar Balas Dengan Dirikan SMK Gratis Di Jateng

"Terkait dengan siapa yang mendampingi Pak Ganjar Pranowo, itu nanti Ibu Megawati Soekarnoputri,” jelasnya.

Dia memastikan, pada momen yang tepat nama tersebut akan disampaikan kepada masyarakat.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menyebut sosok Agus Harimurti Yudhoyono dan Ridwan Kamil sudah tidak mungkin mendampingi Ganjar Pranowo sebagai bakal calon wakil presiden seiring dengan perbedaan koalisi.

“Tadinya kan muncul nama Mas AHY, tapi karena Demokrat sudah memutuskan menentukan ke Pak Prabowo, ya, tentu saja sepertinya tak mungkin. Pak RK (Ridwan Kamil) juga, Golkar kan sudah dengan Pak Prabowo,” ujar Puan ditemui di Ponpes Al Hamid, Jakarta, Senin (18/9).

Baca juga : KSP: SDM Harus Bisa Adaptasi Dengan Kemajuan Teknologi Kereta Api Cepat

Puan mengatakan, terdapat sejumlah nama yang berpeluang mendampingi Ganjar Pranowo.

Seperti, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, serta Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.