Dark/Light Mode

Prabowo-Erick Potensial Menang Di Pilpres 2024

Minggu, 10 September 2023 07:40 WIB
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023). (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disaksikan Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) bakal menghormati keputusan bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM). Partai berlambang matahari terbit itu juga legowo kalau jagonya tak dipilih untuk mendampingi Capres Prabowo Subianto.

"Kami sudah sampaikan ingin mendorong Pak Erick Thohir sebagai Cawapres. Tetapi, siapa pun yang diputuskan akan kami hormati," kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, PAN telah berkomitmen untuk setia dan men­dukung Prabowo dalam Pilpres 2024. Namun, apabila nanti dalam hasil pembicaraan di anta­ra para ketua umum, yang keluar adalah nama selain nama-nama yang sudah diusulkan, pihaknya akan menghormati.

Baca juga : REPDEM Bertekad Menangkan Ganjar Di Pemilu 2024

Eddy mengatakan, dalam waktu dekat para ketua umum parpol di koalisi akan berkumpul membahas soal Cawapres. PAN tak ingin ada perdebatan dan gejolak.

"Mudah-mudahan dengan spirit kebersamaan, akan meng­hasilkan mufakat dan musyawarah dari pertemuan tersebut," harapnya.

Sementara, pengamat politik Universitas Airlangga, Suko Widodo menilai, pasangan Prabowo-Erick potensial memenangkan pertarungan Pilpres 2024. Pasalnya, sudah ada chemistry antar-kedua menteri tersebut. Mereka kompak dan akrab di Kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Baca juga : Ini Janji Beckham Di Ajang Kualifikasi Piala Asia 2023

Teranyar, Erick dan Prabowo terlihat semakin erat di mata publik saat hadir duduk ber­sama sembari berdiskusi di Gala Dinner KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta.

"Kedua menteri andalan ke­percayaan Presiden Jokowi yang sering terlihat bersama dan sangat akrab," tutur Suko kepada wartawan, kemarin.

Selain itu, Erick yang juga menjabat Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah dan anggota Kehormatan Ormas NU, Banser itu, memiliki elektabilitas yang mampu menambah perole­han suara Prabowo.

Baca juga : Ganda Campuran Indonesia Habis Di China Open 2023

"Pak Prabowo punya pengala­man soal ketatanegaraan, Pak Erick pengalaman soal ekonomi. Ini modal keduanya untuk saling melengkapi," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.