Dark/Light Mode

Survei Voxpopuli: Prabowo Unggul, Ganjar Rebound, Anies Naik Tipis

Kamis, 14 September 2023 17:53 WIB
Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan Prabowo unggul dengan elektabilitas mencapai 26,2 persen. (Foto: Ist)
Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan Prabowo unggul dengan elektabilitas mencapai 26,2 persen. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mendekati jadwal pendaftaran capres-cawapres di KPU, elektabilitas tertinggi masih dikuasai oleh Prabowo Subianto. Temuan survei Voxpopuli Research Center menunjukkan Prabowo unggul dengan elektabilitas mencapai 26,2 persen.

Ganjar menyusul pada peringkat kedua, dan mengalami rebound setelah sempat anjlok usai heboh Piala Dunia U20. Elektabilitas Ganjar kini sebesar 24,3 persen, yang berarti sudah sedikit melampaui pencapaian pada awal tahun.

Baca juga : Survei Voxpopuli: Kepuasan Publik Sangat Tinggi, Capres Berebut Faktor Jokowi

Sementara itu Anies Baswedan konsisten bertahan pada peringkat ketiga, dengan sedikit kenaikan elektabilitas dibanding survei terakhir pada bulan Juni 2023. Setelah sebelumnya mengalami penurunan, kini elektabilitas Anies naik tipis menjadi 16,1 persen.

“Prabowo masih unggul dalam bursa Pilpres, disusul oleh Ganjar yang mengalami rebound dan Anies naik tipis pada peringkat ketiga,” ungkap peneliti senior Voxpopuli Research Center Prijo Wasono dalam keterangan tertulis kepada pers di Jakarta, pada Kamis (14/9).

Baca juga : Survei Voxpopuli: PDIP VS Gerindra Makin Ketat, Partai-partai Lain Masih Stabil

Menurut Prijo, praktis pertarungan sengit kini didominasi oleh Prabowo dan Ganjar. Pada awal tahun Ganjar masih memimpin, tetapi kemudian merosot hingga tersalip oleh Prabowo. Sejak itu Prabowo terus memimpin dengan tren kenaikan elektabilitas secara terus-menerus.

“Menguatnya Prabowo diikuti dengan bergabungnya partai-partai Senayan yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Golkar dan PAN, melebur dengan koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR),” jelas Prijo.

Baca juga : Survei Voxpopuli: Head-to-Head, Prabowo Telak Kalahkan Ganjar

Meskipun diwarnai dengan pembelotan PKB, koalisi partai-partai pengusung Prabowo masih memiliki kekuatan yang terbesar jika menghitung perolehan kursi di parlemen. Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini juga ditopang oleh Gerindra yang merupakan partai politik terbesar kedua.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.