Dark/Light Mode

Pilih Ridwan Kamil Atau Mahfud, Peluang Ganjar Menang Pilpres 2024 Tetap Besar

Sabtu, 23 September 2023 22:57 WIB
Pilih Ridwan Kamil Atau Mahfud, Peluang Ganjar Menang Pilpres 2024 Tetap Besar

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai, perolehan suara bacapres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo akan tetap tinggi, siapa pun capresnya. Bisa Ridwan Kamil, bisa juga Mahfud MD.

Namun, Ganjar masih harus berhitung ulang untuk memenangkan suara, jika Pemilu 2024 berlangsung dua putaran.

"Elektabilitas Ganjar saat ini sebesar 84 persen. Karena itu, Ganjar harus menambah suara yang berasal dari luar partai dan memiliki sosok kuat dari Nahdatul Ulama (NU)," kata Saidiman dalam talkshow Titik Temu bertema Cawapres Kunci Sukses di Ayoja Coffee, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga : Gelar Halaqah, Kiai Dan Ulama Pandeglang Putuskan Dukung Ganjar Presiden 2024

Dari survey sebelumnya, ada beberapa nama yang muncul seperti Mahfud MD, Cak Imin, dan Khofifah Indar Parawansa. "Tinggal mana yang dipilih Bu Megawati Soekarnoputri," tambah Saidiman.

Lain Saidiman, lain Samuel Nitisaputra. Pengamat Kebijakan Publik ini lebih condong menggunakan analisis rasional atau ilmu pengetahuan untuk memilih cawapres.

"Tetap harus memperhitungkan rasionalitas. Bukan asumsi berdasarkan basis kelompok lagi. Menurut saya ya, Ganjar maju dengan Ridwan Kamil. Persoalan berasal dari partai mana, Ridwan Kamil , tidak begitu menjadi masalah.Toh, Ridwan sudah pernah bertemu dengan Megawati Soekarnoputri," jelas Samuel.

Baca juga : Ini Kata Psikolog Soal Duet Ganjar-Andika Pada Pilpres 2024

"Tren survei selama 6 bulan ini , suara ketiga calon ini relatif ada di garis sama. Dari ketiga calon, kita menunggu gebrakan dari kubu Ganjar Pranowo, baik untuk satu atau dua putaran," jelas Pangeran.

Merespons hal ini, Samuel Nitisaputra mengingatkan, para capres harus bisa menunjukkan, siapa yang paling pantas meneruskan kinerja Jokowi selanjutnya.

Terlebih, saat ini, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi sudah sangat tinggi. Tembus 80 persen.

Baca juga : Kalau Semua Setuju Mahfud Cawapres Ganjar, Hanura Oke Saja

"Buka, siapa yang akan menjadi The Next Jokowi. Siapa yang bisa adu gagasan dan melanjutkan pemerintahan Jokowi. Jangan hanya bergosip , fitnah, maupun hoax. Ini kan sudah terlihat saat Ganjar tampil di UI dan UGM. Yang dibutuhkan bukan hanya meneruskan program Jokowi, tetapi juga menambah dengan program baru," tutup Samuel Nitisaputra. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.