Dark/Light Mode

Dianggap Pas Dampingi Ganjar, Pengamat: Andika Punya Modal Diplomasi Pertahanan

Rabu, 27 September 2023 18:38 WIB
Mantan Panglima TNI, Andika Perkasa. (Foto : ist)
Mantan Panglima TNI, Andika Perkasa. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat dunia pertahanan serta peneliti Universitas Bakrie, Aditya Batara menilai mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa punya kecakapan memimpin negara Indonesia.

Karena itu, Aditya memahami ada keinginan memasangkan Andika Perkasa menjadi andidat pencalonan pendamping bakal calon presiden PDI-P Ganjar Pranowo.

Baca juga : Dayung Persembahkan Tiga Medali Perunggu

"Jendral Andika Perkasa memiliki strong point penguatan diplomasi pertahanan yang membuat dia pantas menjadi Cawapres Ganjar Pranowo," kata Aditya dalam keterangannya, Rabu (27/9).  

“Semasa menjabat Panglima TNI, capaiannya juga luar biasa, terutama dalam meningkatkan kerja sama antara TNI dengan militer dari negara-negara lain,” tambahnya. 

Baca juga : Kiai Di Lebak Minta Ganjar Kembangkan Ekonomi Berbasis Pertanian Di Pesantren

Aditya juga menambahkan, Andika Perkasa paham betul bagaimana pentingnya penguatan diplomasi pertahanan sebagai penguatan antar negara di era perkembangan geostrategi yang semakin tidak menentu

“ Jenderal Andika sepertinya paham betul mengenai perkembangan geostrategi yang semakin tidak menentu dan pentingnya penguatan diplomasi pertahanan sebagai mekanisme penguatan rasa saling percaya (confidence-building measures) antar negara.” Pungkasnya

Baca juga : Jika Duet Ganjar-Andika Muncul, Kontestasi Pilpers Bakal Makin Menarik

Selain itu, Aditya juga memuji bagaimana Andika Perkasa bisa memiliki karier gemilang yang membuatnya sempat menduduki posisi tertinggi di Panglima TNI

“Jenderal Andika Perkasa memiliki karier militer gemilang karena memang memiliki kualitas prajurit TNI yang sangat baik. Dengan ditunjuk sebagai Panglima TNI, maka Andika dinilai memiliki kompetensi yang sangat baik untuk nantinya menjadi salah pemimpin Indonesia.”

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.