Dark/Light Mode

Cocok Dampingi Ganjar, Pengamat: Andika Tak Punya Cacat Militer

Kamis, 28 September 2023 19:31 WIB
Mantan Panglima TNI, Andika Perkasa. (Foto : ist)
Mantan Panglima TNI, Andika Perkasa. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jenderal (Purn) Andika Perkasa makin santer disebut sosok yang cocok disandingkan dengan bacapres PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo.

Mantan Panglima TNI yang kini didaulat sebagai wakil ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo dianggap memiliki prestasi dan kapabilitas yang mumpuni.

Pengamat Djuni Thamrin menyebut Andika bisa memuluskan jalannya Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024.

Baca juga : Dianggap Pas Dampingi Ganjar, Pengamat: Andika Punya Modal Diplomasi Pertahanan

Sebab Andika Perkasa dinilai bersih dalam karier keprajuritannya. Mantan Danpaspampres tersebut diketahui tidak punya cela dalam menjalankan karier militernya.

“Dari sisi penugasan dan karier militer pada masa Indonesia berada dalam iklim demokratis, maka Andika yang belum pernah mempunyai cacat dalam menjalankan karier militernya, menjadi sangat cocok untuk menjadi Cawapres Ganjar dan melengkapi paket Capres dan Cawapres untuk Indonesia maju dan demokratis,” tutur Djuni Thamrin melalui keterangan tertulisnya, Kamis (28/9).

Andika Perkasa yang pernah bertugas sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama Grup 3/Sandhi Yudha Kopassus juga dianggap Djuni Thamrin sebagai sosok “kuda hitam” dalam konstelasi Pilpres 2024 mendatang. Khususnya pada musim pencalonan kandidat capres-cawapres saat ini.

Baca juga : Tanggap Bencana, Pertamina Regional JBB Edukasi Masyarakat Mitigasi Kebakaran

“Ia merupakan ‘kuda hitam’ yang tidak banyak dilirik dan digadang-gadang oleh kelompok  tertentu maupun kalangan politik. Andika merupakan sosok strategis yang nyaris dilupakan oleh publik, untuk menjadi kandidat penting dalam pencarian dan penelusuran sebagai Cawapres Ganjar Pranowo,” sambung peneliti pusat Kajian Kemanan Nasional Universitas Bhayangkara lebih lanjut.

Kekuatan dalam hal akademik menjadi salah satu poin lebih Andika Perkasa yang tidak dimiliki oleh jenderal-jenderal purnawirawan lainnya.

Andika perkasa diketahui menyelesaikan gelar Ph.D di The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, Washington D.C., AS.

Baca juga : Hindari Serangan Lawan, Pengamat Sarankan Prabowo Pilih Cawapres Bebas Kasus

“Melihat penugasan, karier dan pendidikan akademik yang cukup menonjol yang dimiliki oleh Andika Perkasa ini, maka tidak heran ia dapat menjadi kandidat pemimpin nasional yang dimiliki oleh Indonesia,” tutup Djuni Thamrin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.