Dark/Light Mode

LSI: Mayoritas Publik Setuju Erick Berperan Besar Jadi Host Piala Dunia U-17

Rabu, 4 Oktober 2023 19:40 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menilai, tekad Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir membenahi sepak bola Indonesia mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Termasuk, para pendukung klub di Indonesia seperti Persija, Persib, Persebaya, PSM, dan lainnya.

Terbukti, tingkat kepuasan para penggemar klub sepak bola di Indonesia kepada Erick, menembus angka 91,4 persen dalam hasil survei nasional terhadap 1.206 responden.

Djayadi menjelaskan, tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Erick, tak lepas dari sejumlah gebrakan yang dilakukan. Salah satunya, keberhasilan Erick membawa Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Baca juga : Dipimpin Erick Thohir, Menpora Yakin Piala Dunia U-17 Sukses Terlaksana

"Dari yang tahu, Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, mayoritas 85,9 persen responden setuju dan sangat setuju, Erick berperan besar di balik keberhasilan Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17," papar Djayadi saat pemaparan hasil survei nasional bertajuk "Isu-isu Sepak bola dan Pilihan Politik" di Jakarta, Selasa (4/10/2023).

Djayadi berpendapat, sorotan publik kepada Erick merupakan hal yang lumrah, mengingat 59,9 persen masyarakat Indonesia suka dengan sepak bola. Bahkan, sebanyak 47,2 persen responden merupakan penggemar klub sepak bola Indonesia.

"Awareness publik terhadap berita bahwa Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang diselenggarakan 10 November sampai 2 Desember 2023 mendatang, mencapai sekitar 50,6 persen. Sementara awareness di kelompok penggemar tim sepak bola di Indonesia jauh lebih tinggi, sekitar 64,8 persen," terang Djayadi.

Baca juga : BMKG Minta Publikasi Kualitas Udara Berpatokan Pada ISPU

Djayadi juga menyampaikan, intensitas menyaksikan pertandingan sepak bola di Indonesia mencapai 38,9 persen. Sebanyak 31,6 persen responden selalu mengikuti berita sepak bola dalam negeri.

Sebanyak 44,4 persen responden yang berasal dari penggemar klub di Indonesia menyebut, PSSI sudah lebih tegas terhadap sejumlah pelanggaran seperti kerusuhan suporter, persoalan kesejahteraan pemain, mafia bola, dan jaringan judi bola.

Target populasi survei yang berlangsung pada 18-20 September 2023 adalah WNI yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon. Jumlahnya, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Baca juga : Audiensi Ke Kapolri, Erick Matangkan Piala Dunia U-17

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD), yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel, sebanyak 1.206 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.