Dark/Light Mode

Punya Komposisi Parpol Pendukung Terbesar

KIM Rawan Gesekan Politik

Sabtu, 7 Oktober 2023 07:30 WIB
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (ANTARA/HO-Gerindra)
Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani. (ANTARA/HO-Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koalisi Indonesia Maju (KIM) menjadi koalisi dengan komposisi partai pendukung terbesar dibandingkan dua calon kontestan di bursa Pilpres 2024. Hal ini jadi bukti Capres Prabowo Subianto adalah sosok pemersatu bangsa. Yang perlu diwaspadai, munculnya gesekan, terutama soal posisi Cawapres yang saat ini belum diputuskan.

“Besarnya KIM itu menun­jukkan partai-partai ini yakin bahwa Pak Prabowo akan mem­bawa persatuan bagi bangsa Indonesia,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, dalam keterangannya kepada Rakyat Merdeka, ke­marin.

Baca juga : Kepemimpinan Parpol Penting Cegah Politik Uang

Diketahui, Prabowo sejauh ini meraih dukungan parpol ter­banyak. Selain Partai Gerindra, ada Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora, hingga Partai Rakyat Adil dan Makmur (PRIMA).

Dalam pandangan Wakil Ketua MPR ini, besarnya dukungan dari partai-partai parlemendan non parlemen kepada Prabowo karena dianggap mampu menampung semua aspirasi partai-partai yang ada di Indonesia.

Baca juga : Peningkatan Literasi Perlu Didukung Penganggaran yang Memadai

“Pak Prabowo dianggap bisa memperjuangkan semua kepentingan partai-partai. Kita akan bersatu di bawah kepemimpi­nan beliau yang menjadikan Indonesia semakin kuat, hebat dan berkemajuan," katanya.

Politisi asal Tegal, Jawa Tengah itu menceritakan semangat tersebut juga disampaikan saat konsolidasi akbar kader Partai Gerindra Bayuwangi, Situbondo, dan Bondowoso, di Banyuwangi, Jawa Timur, ke­marin. Ribuan kader Gerindra dari tingkat ranting, PAC, DPC, dan DPD hadir di acara tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.