Dark/Light Mode

10 Hari Jelang Pendaftaran Capres

Prabowo Sibuk Rapat, Ganjar-Anies Blusukan

Senin, 9 Oktober 2023 08:21 WIB
Capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepuluh hari lagi, pendaftaran Capres-Cawapres resmi dibuka KPU. Tiga bakal Capres yang akan bertarung, masih sibuk dengan urusannya masing-masing. Prabowo Subianto sibuk rapat, sedangkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan makin rajin blusukan.

Diawali dengan Prabowo. Capres yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu, tidak memanfaatkan libur akhir pekan kemarin, untuk kampanye. Prabowo memilih rapat terkait tugasnya sebagai Menteri Pertahanan. 

Informasi Prabowo sibuk rapat diungkap Sekjen PBB, Afriansyah Noor. Padahal, kata dia, Prabowo sudah diagendakan menghadiri acara peringatan Maulid Nabi, di kediaman Afriansyah, di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2023). 

Selain Prabowo, sejumlah pimpinan parpol dari KIM juga dijadwalkan hadir. Namun, Ketum Gerindra itu, tak jadi hadir karena harus memimpin rapat soal konflik Palestina-Israel. 

"Saya dapat WA, Pak Prabowo tidak bisa hadir, beliau pimpin rapat kabinet terbatas, soal Timur Tengah," kata Afriansyah.

Meskipun Prabowo tidak hadir, tetap ada perwakilan Gerindra yang datang di acara tersebut. Yakni, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPD Gerindra DKI Ahmad Riza Patria.

Baca juga : Mantap! Relawan Petebu Karanganyar Tegas Siap Menangkan Ganjar Di Pilpres 2024

Kabar itu dibenarkan Riza. Kata dia, Prabowo sedang berinisiatif untuk mewujudkan perdamaian di dunia. Harapannya, tidak ada lagi peperangan seperti invasi Rusia atas Ukraina atau agresi militer Israel ke Palestina.

"Apa yang bisa jadi kontribusi bangsa Indonesia, tentu Pak Prabowo melaporkan kepada Pak Jokowi sebagai Presiden. Pak Prabowo sebagai Menhan agar tidak ada lagi perang," tutur mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Bila Prabowo masih sibuk rapat, bagaimana dengan dua Capres lainnya, Ganjar dan Anies? Seharian kemarin, keduanya masih sibuk blusukan dan melakukan pertemuan dengan berbagai kalangan.

Misalnya Ganjar. Capres yang diusung PDIP-PPP-Hanura-Perindo ini, mengunjungi Pondok Pesantren Al-Jauhariyah di Desa Balerante, Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kehadirannya disambut hangat para santri dan ulama. Ratusan santri berjejer rapi di halaman saat Ganjar memasuki area pesantren.

Selain bertemu kiai dan ulama, eks Gubernur Jawa Tengah dua periode ini juga menemui kepala desa (kades) yang tergabung dalam Forum Kuwu se-Kabupaten Cirebon. Ketua Umum Kagama itu, dicurhati berbagai macam persoalan. Ia pun berusaha memberi solusi kepada mereka.

Sebelum ke pesantren, Ganjar bersama Menko Polhukam Mahfud MD hadiri resepsi pernikahan putra dari Ketua Majelis Syariah DPP PPP Musthofa Aqil Siroj, di Pondok Pesantren Khas Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Minggu (8/10). Hadir pula Ketua Majelis Pertimbangan PPP Muhammad Romahurmuziy, Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, dan Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno. Hanya saja, Sandi tidak bertemu Ganjar dan Mahfud, karena baru datang setelah keduanya pulang.

Baca juga : Erick Lebih Menjanjikan

Sementara, Anies melanjutkan safari politiknya di wilayah Malang Raya dengan menemui tokoh-tokoh sayap kanan di kota terbesar kedua di Jatim itu. Seperti biasa, Anies didampingi bakal Cawapresnya, Muhaimin Iskandar alias Imin.

Pasangan yang menamakan diri dengan sebutan "Amin" itu, memulai agendanya dengan membuka kegiatan Jalan Sehat di Simpang Balapan Jalan Besar Ijen, Kota Malang. Setelah itu, keduanya lanjut ke Pondok Pesantren Salaf Al-Quran (PPSQ) Asy-Syadzili, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Kemudian, pasangan yang diusung Koalisi Perubahan itu, melihat langsung Pasar Rakyat di Lapangan Sepak Bola Desa Harjokuncaran, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Keduanya membagikan sembako murah dan membuka Bazar UMKM.

Mereka kemudian melanjutkan kegiatan di Cemara Ballroom Jalan Raya Karanglo Nomor 84, Dusun Karanglo, Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Agendanya, mengikuti kegiatan 1.000 Anak Muda Amankan TPS untuk mengawal jalannya Pemilu 2024.

Bagaimana persiapan soal pendaftaran Capres-Cawapres? Diketahui, KPU akan membuka pendaftaran Capres-Cawapres pada 19-25 Oktober 2023. Perubahan jadwal ini sudah disepakati DPR dan pemerintah saat rapat gabungan dengan KPU dan Bawaslu beberapa pekan lalu.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, makin dekat masa pendaftaran, KIM semakin intens menggelar pertemuan. Para pimpinan partai rapat membahas strategi pemenangan Pilpres 2024, sekaligus mematangkan calon pendamping bagi Prabowo.

Baca juga : Relawan Dinasti Nusantara Cirebon Siap Menangkan Ganjar Pranowo Di Pilpres 2024

"Karena ini sudah masuk hari-hari menentukan, kami intens pertemuan antara koalisi bisa juga dengan Prabowo, Airlangga, dan lain-lain. Terutama sekarang ini kan sudah tanggal 8 Oktober," kata Zulhas.

Zulhas menuturkan, makin rajinnya rapat antar pimpinan parpol di KIM untuk mendorong terbentuknya kesimpulan menghadapi Pilpres di 2024. "Agar nanti semakin dekat, kita sudah punya kesimpulan," tegas Menteri Perdagangan itu.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (9/10), dengan judul “10 Hari Jelang Pendaftaran Capres, Prabowo Sibuk Rapat, Ganjar-Anies Blusukan”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.