Dark/Light Mode

Kalau Jadi Dikawinkan, Pengamat: Ganjar Lebih Pas Jadi Capres, Prabowo Cawapres

Rabu, 27 September 2023 20:53 WIB
Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (Foto: Instagram)
Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing angkat bicara mengenai wacana perjodohan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto sebagai duet maut capres-cawapres. Kalau benar bersanding di Pilpres 2024, Emrus berpendapat, Ganjar tepat diposisikan sebagai capres. Prabowo, cawapresnya.

"Secara kualitatif, keduanya memiliki pengalaman yang luas sebagai petinggi pemerintahan. Tapi, Mas Ganjar lebih berpeluang menjadi capres, jika dipasangkan dengan Pak Prabowo," kata Emrus dalam acara diskusi publik Gogo Bangun Negeri (GBN) bertajuk "Probability Ganjar-Prabowo Atau Prabowo Ganjar" di Coffee & Couple Cafe, Jakarta, Rabu (27/9/2023).

Baca juga : Pernah Jadi Anak Buah Rafael Alun, Pegawai KPK Ini Jadi Saksi Di Persidangan

Dalam riwayat kariernya sebagai pejabat pemerintahan, Ganjar pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode. Sebelumnya, Ganjar juga pernah menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR.

"Sementara Pak Prabowo, hanya di satu bidang yakni Menteri Pertahanan. Jadi kalau dilihat secara pengalaman, probabilitas Mas Ganjar lebih tinggi," jelas Emrus.

Baca juga : Dave Laksono Yakin MK Bijak Putuskan Batas Usia Capres/Cawapres

Selain itu, Ganjar dinilai memiliki visi dan misi yang selaras dengan Presiden Jokowi. Keselarasan tersebut, kata Emrus,  penting untuk melanjutkan kerja-kerja yang telah dilakukan oleh Jokowi.

“Meskipun Pak Prabowo juga memiliki visi dan misi yang sama, tapi tetap balik lagi Mas Ganjar Pranowo. Dia berasal dari rumah yang sama dengan Pak Jokowi, sesama politisi PDI Perjuangan (PDIP)," papar Emrus.

Baca juga : Mahfud MD: MK Tak Berwenang Ubah Batas Usia Capres-Cawapres

Mengacu hal tersebut, Emrus mengusulkan Prabowo, agar legowo menerima Ganjar sebagai capres, jika keduanya resmi dikawinkan.

"Secara probabilitas, baik dari sudut kualitas untuk memimpin bangsa dan dukungan politik, Mas Ganjar lebih tinggi dibanding Pak Prabowo," tutup Emrus.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.