Dark/Light Mode

Aktivis 98: Visi Indonesia Emas Bisa Tercapai Jika Ganjar Presidennya

Jumat, 13 Oktober 2023 20:32 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan aktivis '98 mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024.

Ganjar dinilai merupakan jawaban akan kepemimpinan mendatang. Dukungan ini dinyatakan Gerakan Aktivis (Gerak) '98.

"Setelah beberapa pertemuan maraton dan juga focus group discussion (FGD), semua bersepakat untuk berhimpun ke dalam Gerak '98 dan menyatakan sikap mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden RI," kata juru bicara (jubir) Gerak '98, Mixil Munir, Jumat (13/10/2023), saat acara Gerak 98 Untuk Indonesia Emas 2045 Gerakan Aktivis 98, di Jl. Cokroaminoto No.111, Menteng, Jakarta Pusat.

Gerak '98 sendiri berisikan orang-orang yang dahulu tergabung dalam tergabung dalam berbagai organisasi mahasiswa.

Seperti, Forkot, FKSMJ, Frontjak, FAMRED, GEMPUR, Front Kota, FPPHR, GEMA IPB, KB UI. Mereka tersebar di berbagai daerah.

Selain Mixil, Gerak '98 memiliki jubir Dadi Palgunadi, Lukman (FAMRED), Rahayu Setiawan (GEMA IPB), Lambok (Frontkot), serta Ignatius Indro (FAMRED), Parto (Front Kota) dan lainnya.

Baca juga : Wamen LHK: Anak Muda Indonesia Harus Bisa Jadi Diplomat Iklim

Menurut Mixil, Ganjar memiliki banyak prestasi selama menjabat Gubernur Jawa Tengah.

Di antaranya, mampu menurunkan jumlah angka kemiskinan tertinggi di Indonesia, lalu provinsi paling transparan, dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja melalui UMKM.

"Kemudian heterospace, berhasil menurunkan angka stunting, kesehatan ibu dan anak, pemerataan ekonomi berbasis pembangunan desa dan link and match dunia pendidikan dan industri melalui SMA/SMKA boarding school yakni SMK Negeri Berasrama Gratis bagi warga miskin," papar Ignatius Indro.

Selain itu, menurut Gerak '98, Ganjar adalah sosok yang lahir dari rahim proses politik, ditempa, dibentuk dengan nilai-nilai ideologis kerakyatan.

Ia juga terlibat dalam advokasi perjuangan rakyat semasa kuliah dengan membela petani Kedung Ombo dari penggusuran rezim Orde Baru, serta merupakan kader Gerakan Mahasiswa Nasionalis Indonesia (GMNI).

"Hasilnya adalah pemimpin yang selaras antara teori dan praktik, bukan jago kata-kata," tandas Indro.

Baca juga : Garuda Bertabur Bintang

Gerak '98 menilai, tahun 2024-2034 adalah tahun vivere pericoloso atau tahun genting, yang artinya apakah arah laju perkembangan masyarakat Indonesia dapat berada di rute yang semestinya, berjalan ke arah lebih baik.

Atau, malah terhambat oleh anak sebangsa sendiri dan pihak luar yang berniat menggagalkan tujuan Indonesia Emas 2045.

"Dan tahun 2024 merupakan momentum genting, pergantian pimpinan republik presiden dan wakil presiden baru. Salah memilih, menyerahkan mandat republik. Maka konsekuensi logis yang diterima adalah proses pembangunan akan terhenti, mundur dan gagal," tutur Dadi Palgunadi.

Visi Indonesia Emas 2045 bisa tercapai, kata dia, hanya apabila RI memiliki pemimpin dengan political will yang kuat, bersih, memiliki rekam jejak yang terhindar dari elit kroni Orde Baru.

Selain itu pemimpin harus gerak cepat, gesit, sehat, toleran, inklusif, dan mampu bekerja.

"Berinisiatif, kreatif, lahir dari rakyat serta selaras pikiran, perkataan dan perbuatan (integritas)," kata Parto.

Baca juga : Ulama-Kiai Rame-rame Doakan Ganjar Presiden

Setelah ini, Gerak '98 berencana mengadakan deklarasi dukungan mereka terhadap Ganjar di Gedung Joang '45, Jakarta pada 17 Oktober 2023.

Mereka pun menyerukan agar mantan aktivis '98, lintas generasi, organisasi masyarakat pro demokrasi, dan lapisan rakyat, turut mendukung Ganjar.

"Kami juga menolak capres pelanggar HAM dan politik identitas," tandas Mixil.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.