Dark/Light Mode

Bupati Bogor Ingatkan Kades Bersikap Netral

Rabu, 18 Oktober 2023 07:40 WIB
Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Foto: Diskominfo Kabupaten Bogor)
Bupati Bogor, Iwan Setiawan. (Foto: Diskominfo Kabupaten Bogor)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Bogor, Iwan Setiawan, meminta seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Bogor tidak bersikap diskriminatif selama gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebagai representasi Pemerintah di tingkat desa, Kades harus memperlakukan semua figur atau pasangan calon yang berlaga di gelaran kontestasi demokrasi sesuai aturan perundang-undangan.

“Kades tidak boleh berpihak. Pelayanannya harus sama ke­pada seluruh peserta Pemilu, tidak boleh membeda-bedakan atau pilih kasih, serta berpedo­man pada rambu-rambu aturan yang ada dan berlaku,” ujar Iwan dalam keterangan resminya, Selasa (17/10).

Baca juga : Pj Bupati Muba Pastikan Suku Anak Dalam Dapat Pendidikan Terbaik

Lebih lanjut, politisi Partai Gerindra ini menyatakan, profesionalitas dan integritas para kades sangat diperlukan di tahun politik. Menurut dia, keberpihakan para Kades akan menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat, serta meng­ganggu ketentraman dan kesta­bilan daerah.

“Kades telah dilantik dan sudah disumpah menjaga NKRI dan ideologi Pancasila. Karenanya, para Kades harus mampu merekatkan seluruh masyarakat, serta menghilangkan polarisasi pemilih yang terjadi saat Pemilihan Kepala Desa (Pilkades),” pinta Iwan.

Baca juga : Sergi Roberto Ngebet Pindah Ke Amerika Serikat

Dia menegaskan, polarisasiyang terjadi di Pilkades tidak boleh merambat hingga Pemili Legislatif (Pileg), Pemilu Presiden (Pilpres), dan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Jadilah negarawan, rangkul semua, rekatkan kembali masyarakat yang terpolarisasi. Kades harusmampu merangkul semua, baik yang mendukung maupun tidak,” cetus dia.

Baca juga : Geopolitik Indonesia Konflik Palestina Versus Israel

Iwan menambahkan, para kades juga tidak boleh mengabai­kan seluruh program pembangu­nan yang sudah dicanangkan. Di antaranya, sebut dia, pro­gram Satu Miliar Satu Desa (Samisade).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.