Dark/Light Mode

Hari Ini Tes Kesehatan Di RSPAD, Anies-Imin Siap Jasmani Dan Rohani

Sabtu, 21 Oktober 2023 07:10 WIB
Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Foto: Instagram Muhaimin)
Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. (Foto: Instagram Muhaimin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres dan Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) akan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Keduanya siap jasmani dan rohani untuk tes.

Kepala RSPAD, Letjen Budi Sulistya mengatakan, Anies-Imin akan melaksanakan tes kesehatan mulai pukul 07.00 pagi. Mereka akan didampingi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Medical Check Up (MCU). 

“Kami akan mengikuti regulasi dan ketentuan dari KPU. Kemudian pada prinsipnya kami akan menyelenggarakan pemeriksaan dengan prinsip profesionalisme, imparsialitas, independensi, dan juga dipercaya. Tiga hal yang kami tekankan dalam hal ini," kata Budi.

Dia mengatakan, pemeriksaan tes kesehatan itu meliputi tes fisik dan rohani. Kemudian, ada juga pemeriksaan bebas narkoba. "Tools-nya ada beberapa, kaitannya juga melibatkan kolegium dalam hal ini supaya betul-betul pemeriksaan ini profesional, independen, dan dipercaya," imbuhnya.

Baca juga : Anies-Muhaimin Jam 8, Ganjar-Mahfud Jam 11

Ketua KPU, Hasyim Asy'ari mengatakan, tes kesehatan kepada Capres-Cawapres dimulai dari pengambilan urine dan darah. "Prosedurnya panjang. Makanya harus dari pagi," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Kamis (19/10/2023). 

Selain itu, pasangan calon juga diharuskan berpuasa. Lebih tepatnya puasa makan. Sedangkan minum, masih diperbolehkan. "Kalau misalkan pemeriksaannya jam sekian, berarti mulai puasanya jam sekian, itu sudah diperhitungkan dengan tim pemeriksa di RSPAD," sambungnya.

Bukan cuma tes kesehatan jasmani, beberapa instrumen tes psikologi juga bakal diuji. "Jadi, tes sehat jasmani dan rohani. Nanti tim dokter yang menentukan sesuai kriteria atau tidak. Termasuk diulang atau tidak bagi pasangan calon yang tidak memenuhi kriteria," jelas Hasyim. 

Anggota KPU, Idham Holik mengatakan, KPU melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) saat tes kesehatan Capres-Cawapres. Idham mengatakan, KPU juga akan mengerahkan sejumlah petugas untuk memastikan tes kesehatan bisa berjalan lancar dan nyaman.

Baca juga : Jurkam AMIN Fokus Sampaikan Program Anies-Muhaimin Kepada Masyarakat

"Ya, petugas-petugas KPU yang dipersiapkan untuk membantu pemeriksaan untuk membantu dalam artian memperlancar dan memastikan situasinya nyaman. Kalau untuk pemeriksaan kesehatan, sepenuhnya dilakukan oleh dokter," ujarnya.

Lalu bagaimana kesiapan Anies-Imin? Ketua DPP PKB, Cucun Syamsurijal mengatakan, pasangan Anies-Imin akan melakukan tes kesehatan hari ini. Pemeriksaan kesehatan ini merupakan rangkaian persyaratan agar bisa maju di Pilpres 2024 mendatang. "Jam 7 pagi sudah di RSPAD," sebut Cucun. 

Cucun mengaku, pasangan Anies-Imin taat terhadap prosedur pencapresan yang ditentukan KPU. Terutama puasa agar bisa dicek kesehatannya di laboratorium. "Persiapannya puasa saja kan ikut mekanisme dari penyelenggara KPU, arahan untuk berpuasa biasa kebutuhan cek lab dan lain-lain," sebutnya. 

Menyoal kesiapan Anies-Amin? Ketua Fraksi PKB di DPR itu menegaskan, tidak ada persiapan khusus untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan hari ini. Mereka ingin proses tersebut mengalir sesuai dengan alur yang telah ditetapkan KPU. "Tidak ada persiapan berlebihan kan ini hal yg biasa dilakukan dalam tahapan Pemilu," beber dia.

Baca juga : Jelang Laga Bigmatch, Ini 5 Kesepakatan Bali United Dan Persebaya

Senada dikatakan Plt Sekjen NasDem, Hermawi Taslim. Dia memastikan, pasangan Anies-Imim siap mengikuti semua tahapan pemeriksaan kesehatan. "Paslon kami sudah mengikuti semua persyaratan termasuk harus berpuasa," jelas Hermawi. 

Sedangkan, Ketua DPP PKS, Ahmad Mabruri meyakini, pasangan Anis-Imin memenuhi kriteria kesehatan yang ditetapkan tim kesehatan RSPAD. "AMIN insya Allah aman. Udah cukup tidur dan makanan bergizi aja," pungkas Mabruri. 

Ganjar-Mahfud Besok

Sementara, untuk tes kesehatan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, KPU menjadwalkan pada Minggu (22/10/2023) pagi. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, Ganjar-Mahfud siap ikut tes kesehatan.

“Saya sudah sampaikan dengan Pak Ganjar-Pak mahfud. Prof nanti siap siap Minggu pagi. Ya semua siap," ujar Hasto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.