Dark/Light Mode

Tes Kesehatan Di RSPAD, Ganjar Ditemani Istri, Mahfud Agak Batuk

Senin, 23 Oktober 2023 08:26 WIB
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjalani tes kesehatan, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10). (Foto: Patra Rizki Syahputra/RM)
Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjalani tes kesehatan, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10). (Foto: Patra Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2023). Ganjar datang ditemani istrinya, Siti Atikoh. Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini, tampak segar bugar. Sedangkan Mahfud yang tak ditemani istri, mengaku sedang batuk-batuk.

Sesuai jadwal, tes kesehatan keduanya dimulai tim dokter RSPAD sekitar pukul 8.00 WIB. Ganjar antusias mengikut tes ini. Ganjar dan Istri sudah siap-siap berangkat ke RSPAD, dari rumahnya, di Kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 6.30 WIB.

Ganjar mengaku, awalnya ingin datang ke RSPAD sambil lari pagi dari rumahnya. Tujuannya, untuk menunjukkan kondisi kesehatan yang prima. Namun, hal itu dilarang dokter. “Kata dokter tidak disarankan olahraga,” kata Ganjar, sebelum berangkat.

Sementara, Mahfud mengaku kondisinya sedikit batuk karena agenda yang padat. “Saya agak batuk karena sering pidato tiga hari terakhir ini,” ujar Menko Polhukam ini, di rumah dinasnya, Jalan Denpasar Raya, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (22/10/2023).

Meski begitu, Mahfud tetap siap menjalani tes kesehatan, karena telah cukup istirahat dan berpuasa sesuai anjuran dokter. Dia datang tanpa didampingi keluarga, dengan alasan proses pemeriksaan kesehatan berlangsung lama. “Jadi saya nggak bawa istri,” ungkapnya.

Baca juga : Dukung Industri Kreatif Dan Industri Media, Ganjar Pranowo: Inilah Ekonomi Baru

Mahfud tiba di RSPAD lebih dulu. Dia tampil dengan kemeja batik dan celana berkelir coklat. Tak lama berselang, Ganjar menyusul, dengan mengenakan kaos polo putih dan celana hitam. Ikut juga menemani Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) Andika Perkasa.

Kepada wartawan yang sudah menunggu, mereka melepaskan senyum hangat. Kemudian, keduanya langsung masuk ke RSPAD untuk mengisi sejumlah dokumen.

Setelah urusan administrasi beres, keduanya berganti pakaian dan mengenakan piyama warna hijau. Mereka kemudian menjalani serangkaian tes kesehatan. Pemeriksaan berlangsung sekitar 9 jam. Mulai dari treadmill test hingga pemeriksaan kejiwaan. Ganjar menyatakan, semua tes berjalan lancar.

“Tadi sempat berkeringat saja karena treadmill. Semuanya kita dites dari THT semuanya, penyakit dalam semuanya, kejiwaan kita dites, ada fisik treadmill, jantung, semuanya lengkap, darah semuanya, komplet lah,” ujar Ganjar.

Ia berharap, hasil tes kesehatannya dan Mahfud baik dan bisa cepat keluar. Sehingga, dapat dikirimkan ke KPU untuk melengkapi persyaratan administrasi menjadi Capres-Cawapres. "Alhamdulilah sudah selesai, tentu saja mudah-mudahan nanti insya Allah hasilnya baik," kata Ganjar.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Makan Pecel Pincuk Dan Minum Jamu

Dalam kesempatan yang sama, Kepala RSPAD Albertus Budi Sulistya menyebut, pemeriksaan yang dilakukan terhadap Capres-Cawapres menggunakan metode yang sama, baik dari sisi materi dan alat. Setelah itu, timnya bakal melaksanakan sidang pleno untuk menilai hasil pemeriksaan. Dia juga memastikan, semua proses dilakukan secara profesional, independen, dan dapat dipercaya.

Kapan hasil tes disampaikan ke KPU? Budi menjelaskan, bakal dilakukan setelah semua pasangan calon rampung melakukan tes kesehatan. Sebab, baru pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang menjalaninya. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, belum menjalani tes.

“Hasil pemeriksaan secara kolektif akan kami sampaikan kepada KPU setelah seluruh paslon melaksanakan pemeriksaan,” pungkasnya.

Bagaimana kalau ada calon tidak lulus tes kesehatan? Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik menyatakan, KPU akan meminta parpol pengusung mengganti calon tersebut. Hal ini sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 19 Tahun 2023.

Idham menyampaikan, permintaan KPU itu akan dilakukan dalam bentuk surat kepada parpol. Selain itu, KPU juga akan melampirkan berita acara hasil verifikasi dokumen perbaikan kepada parpol pengusung.

Baca juga : Tes Kesehatan, Anies Nggak Ada Persiapan Khusus

“KPU meminta kepada Partai Politik Peserta Pemilu atau Gabungan Partai Politik Peserta Pemilu pengusul untuk mengusulkan bakal Pasangan Calon baru sebagai pengganti,” jelasnya, kepada wartawan, Minggu (22/10/2023).

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka edisi Senin (23/10), dengan judul “Tes Kesehatan Di RSPAD, Ganjar Ditemani Istri, Mahfud Agak Batuk”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.