Dark/Light Mode

Kasus Sekretaris MA Hasbi Hasan

Duit Suap Ditransfer Ke Rekening Istri Dan Anak

Minggu, 8 Oktober 2023 07:30 WIB
Tersangka Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Tersangka Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan. (Foto: Tedy Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan (HH) diduga menggunakan rekening orang-orang dekatnya untuk menampung duit suap pengurusan perkara.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri modus ini dengan memeriksa Dadan Tri Yudianto. Mantan Komisaris PT Wika Beton itu masuk pusaran pengurusan perkara di MA.

Baca juga : KPK Cecar Istri Eks Sekretaris MA Hasbi Hasan Soal Aliran Duit Ke Orang Dekat

Ia berhubungan dengan Hasbi dan mentransfer fulus miliaran rupiah untuk pengurusan perkara terkait Koperasi Simpan Pinjam Intidana.

“Saksi didalami pengetahuannyaantara lain terkait dengan dugaan adanya aliran sejumlah uang ke rekening bank milik orang terdekat dari tersangka HH,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menerangkan alasan pemeriksaan Dadan.

Baca juga : KPK Dalami Aliran Duit Korupsi Bansos Beras Ke Kantong Para Tersangka

Lembaga antirasuah tidak mengungkapkan rekening orang dekat Hasbi yang digunakan untuk menampung duit suap. Namun sebelumnya KPK pernah memanggil istri Hasbi yakni Ida Nursida dan anak Hasbi yakni Widad Zahra Adiba.

Dari sini muncul dugaan re­kening keduanya digunakan untuk menampung duit suap.

Baca juga : Lestari: Atasi Polusi Udara, Butuh Sinergi Dan Mitigasi

Istri dan anak Hasbi bersedia memenuhi panggilan KPK. “Kedua saksi hadir, dan tim pe­nyidik terlebih dulu menanyakan kesediaan keduanya untuk da­pat dimintai keterangan karena adanya hubungan kekeluargaan inti dengan tersangka HH,” kata Ali.

Istri dan anak Hasbi memutus­kan menolak memberikan keterangan kepada penyidik. KPK pun tidak bisa memaksa lantaran keluarga inti memiliki hak tolak memberikan keterangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.