Dark/Light Mode

Survei PatraData: Prabowo-Gibran Teratas, Elektabilitas Naik Setelah Daftar KPU

Kamis, 2 November 2023 19:26 WIB
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kananku, berfoto dengan Ketua KPU Hasyim Asyari saat mendaftar sebagai capres-cawapres di Pemilu 2024, Rabu 25 Oktober 2023. (Foto: Antara)
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kananku, berfoto dengan Ketua KPU Hasyim Asyari saat mendaftar sebagai capres-cawapres di Pemilu 2024, Rabu 25 Oktober 2023. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Nasional PatraData yang dipublikasikan pada hari ini, Kamis (2/11/2023), mengukuhkan Prabowo-Gibran sebagai duet capres-cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi, dengan angka 43,9 persen. Disusul Ganjar-Mahfud 26,9 persen dan Anies- Muhaimin 18,1 persen. Ada 11,1 persen responden yang memilih tidak tahu/ tidak jawab.

Elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden ini, tidak jauh beda dengan peta elektabilitas calon presiden.

Prabowo Subianto yang mengantongi angka 42,4 persen sukses mengungguli Ganjar Pranowo 26,6 persen dan Anies Baswedan 19 persen.

Naik setelah pendaftaran

Baca juga : Survei LSJ, Prabowo-Gibran Unggul 12,7 Persen Atas Ganjar-Mahfud

Pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), ternyata berdampak terhadap peta elektabilitas masing-masing pasangan.

Elektabilitas Prabowo-Gibran terbukti naik dari angka 33,9 persen di awal Oktober (sebelum pendaftaran ke KPU) menjadi 43,9 persen di akhir oktober, atau setelah mendaftar ke KPU. Naik 10 persen.

Sementara Ganjar-Mahfud yang pada awal Oktober mengantongi elektabilitas 30,1 persen, turun menjadi 26,9 persen di akhir Oktober, atau setelah pendaftaran ke KPU.

Baca juga : Pengamat: Jangan Salah Gunakan Kekuasaan Untuk Pilpres 2024

Anies-Muhaimin, meski tidak terlalu signifikan, naik 0,5 persen dari awal oktober 17,6 persen menjadi 18,1 persen di akhir Oktober.

Survei nasional PatraData yang dijalankan pada 25-30 Oktober 2023, melibatkan 1.220 responden melalui wawancara telepon.

Survei ini memiliki toleransi kesalahan (margin of error atau MoE) ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Ini 8 Misi Asta Cita Prabowo-Gibran Menuju Indonesia Emas, Hilirisasi Termasuk

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional di Indonesia. Quality control dilakukan dengan menelpon ulang responden/ call back sebanyak 20 persen dari total sampel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.